Manfaat QRIS untuk UMKM sebagai Alat Pembayaran

Manfaat QRIS untuk UMKM dan bisnis

Manfaat QRIS untuk UMKM dan bisnis bukan hanya memudahkan sistem pembayaran antara penjual dengan pembeli, namun mempunyai banyak manfaat.

QRIS menjadi sebuah terobosan besar dalam dunia bisnis sebagai bentuk transformasi teknologi pembayaran. Dalam dunia bisnis UMKM, memanfaatkan QRIS merupakan salah satu langkah dalam digitalisasi UMKM.

Di lingkungan bisnis modern baik skala kecil dan menengah, QRIS telah menjadi komponen krusial karena menawarkan metode pembayaran yang praktis, cepat, dan terjamin keamanannya.

Keberadaan QRIS tidak hanya memperkaya pengalaman pembayaran tetapi juga membuka peluang baru bagi pertumbuhan bisnis.

Penggunaannya yang mudah, cepat dan aman, menjadikan QRIS mudah diterima oleh seluruh kalangan masyarakat karena pembayaran menggunakan QRIS dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking hingga aplikasi dompet digital.

Tren belanja online di Indonesia turut mengubah wajah perekonomian dengan nilai transaksi e-commerce pada 2023 mencapai Rp453,7 triliun. QRIS menjadi alat pembayaran favorit orang Indonesia dengan nilai transaksi QRIS 2023 menembus angka Rp229,96 triliun dari jumlah pengguna 45,78 juta dan jumlah merchant 30,41 juta yang sebagian besar merupakan UMKM.

QRIS sebagai metode pembayaran cashless mempunyai sederet manfaat untuk UMKM dan merchant. Apa saja?

7 Manfaat QRIS untuk UMKM

1. Pembayaran jadi lebih cepat

Untuk melakukan pembayaran dengan QRIS, hanya butuh satu alat aja yaitu smartphone. Kode QR itu unik hanya untuk transaksi masing-masing bisnis. Pelanggan hanya menggunakan aplikasi mobile banking atau aplikasi dompet digital yang mendukung scan QRIS. Proses pembayaran sangat cepat dalam hitungan detik saja, baik itu untuk nominal yang sudah tertera atau harus diinputkan sesuai nilai transaksi pembelian.

QRIS sangat memudahkan baik bagi UMKM dalam menerima pembayaran maupun bagi pelanggan dalam melakukan transaksi, meningkatkan efisiensi dan kepuasan konsumen.

2. Memperluas jangkauan pasar

QRIS membuka kemungkinan bagi UMKM untuk memperluas jangkauan pasar mereka dengan kemudahan dan keamanan yang ditawarkan QRIS. QRIS membuka peluang untuk pertumbuhan bisnis yang lebih besar karena dapat menjangkau pelanggan lokal dan juga internasional.

Hal ini terjadi karena banyak negara sudah mengadopsi pembayaran menggunakan QRIS. Bahkan, di ASEAN sendiri 5 negara melakukan ujicoba QRIS cross-border atau lintas negara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan terakhir Filipina.

Hal ini bisa menjadi peluang besar buat para pelaku UMKM untuk melebarkan sayap hingga ke luar negeri.

3. Meningkatkan omset penjualan

Karena dapat menerima transaksi dari berbagai aplikasi pembayaran maupun mobile banking, penggunaan QRIS berpotensi meningkatkan omset penjualan UMKM. Hal ini karena semakin tingginya penerimaan masyarakat terhadap pembayaran digital.

QRIS juga mampu meningkatkan kredibilitas usaha di mata pembeli. Dari sisi identitas merchant atau bisnis sudah terindetifikasi secara resmi sebagai entitas usaha.

4. Mencegah peredaran uang palsu pada transaksi

Saat menggunakan QRIS, transaksi tidak lagi pakai uang cash atau tunai, melainkan dompet digital. Hal ini memperkecil peluang pemilik bisnis mendapatkan uang palsu.

5. Tidak perlu menyiapkan kembalian

Berkat kehadiran sistem pembayaran QRIS, pelaku bisnis tidak perlu repot-repot menyediakan uang kembalian lagi. Sistem hanya akan memotong saldo uang pembeli, sesuai dengan nominal yang tertera. (baik kredit maupun debit).

6. Keamanan transaksi

Dengan sistem QRIS, keamanan setiap transaksi terjamin, mengurangi risiko penipuan dan pencurian data. Ini memberikan rasa aman tambahan bagi UMKM dan pelanggan mereka, memastikan bahwa setiap transaksi dilakukan dengan aman.

7. Tersedia laporan pembayaran secara otomatis

Semua transaksi dengan QRIS akan tercatat secara otomatis. Dengan begitu, proses pencatatan keuangan usaha akan menjadi lebih mudah. Riwayat transaksi QRIS dapat diakses secara real-time serta proses settlement pun cepat. Adanya QRIS dapat membantu usahamu menjadi lebih efisien serta terpantau dari sisi keuangan.

Melakukan adopsi QRIS adalah langkah krusial bagi UMKM untuk tetap kompetitif, relevan, dan adaptif dalam menghadapi dinamika pasar yang terus berubah. Hal ini ini membawa lebih dari sekadar efisiensi transaksi.

Ini tentang memanfaatkan teknologi untuk memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. QRIS menjadi lebih dari sekadar alat pembayaran; ini adalah bagian integral dari strategi bisnis yang berfokus pada pertumbuhan dan adaptasi di dunia digital yang terus berkembang.

Teknologi Pembayaran QRIS dalam Link Pembayaran

QRIS dapat diperoleh dengan mudah oleh pebisnis apapun skala bisnis dan jenis bidangnya. QRIS untuk UMKM dan bisnis dapat diperoleh melalui Perusahaan Jasa Pembayaran atau PJP payment gateway Winpay.

Winpay memberikan QRIS resmi sebagai metode pembayaran ketika melakukan kerjasama atau integrasi dengan penyelenggara payment gateway sebagai identitas dari bisnis menerima pembayaran nontunai.

Layanan di Winpay yang cocok bagi pelaku bisnis UMKM adalah Link Pembayaran atau Payment Link.

Di dalam Link Pembayaran ini sudah tersedia instrumen pembayaran nontunai seperti QRIS, dompet digital, dan virtual account bank. Sehingga, pelanggan dapat memilih metode pembayaran favorit dari instrumen pembayaran yang mereka miliki.

Dengan mengadopsi QRIS, UMKM dapat memastikan bahwa mereka tidak hanya mengikuti tren saat ini tetapi juga memposisikan diri mereka untuk sukses di masa depan.

Tentang Winpay Indonesia

Winpay adalah solusi pembayaran yang dapat diandalkan, aman, dan lengkap untuk bisnis online Anda. Lebih dari 25 pilihan metode pembayaran, akan membuat bisnis Anda menjadi lebih maju dan memudahkan pelanggan melakukan pembayaran.

Layanan Winpay Payment Gateway, dapat menerima pembayaran menggunakan:

    • Virtual account 11 bank siap melengkapi pembayaran Anda.
    • Dompet digital dan QRIS, menerima pembayaran melalui QRIS menggunakan e-money dan e-wallet, seperti: Gopay, DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, dan jaringan bank.
  • Jaringan kartu kredit dan kartu debit Visa dan MasterCard.
  • Gerai minimarket modern melalui jaringan Indomaret, Alfamart Group, dan Fastpay
  • Winpay mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Layanan Payment Gateway No. 23/560/DKSP/Srt/B sebagai PSJP Kategori 1, dengan ijin Penerbit Uang Elektronik, Penyelenggara Payment Gateway, Penyelenggara Transfer Dana untuk PT Bimasakti Multi Sinergi.

Payment gateway Indonesia

Teguh Hartono