Peran Payment Gateway dalam Bisnis Online di Indonesia

Peran payment gateway bagi e-commerce dan bisnis online

Peran payment gateway dalam bisnis online memberi manfaat bagi merchant dan pelanggan. Teknologi payment gateway mengubah dunia e-commerce di Indonesia.

Perkembangan e-commerce mengalami tren peningkatan di Indonesia yang membuat bisnis online banyak dijalankan dengan berbagai jenis produk, layanan, dan model bisnisnya. Dari tahun ke tahun, nilai transaksi e-commerce juga mengalami peningkatan.

Bisnis e-commerce dilakukan dengan berbagai platform untuk berjualan memanfaatkan teknologi internet, media sosial, dan pembayaran. Seperti website, aplikasi, media sosial, dan, marketplace.

Nilai transaksi e-commerce sendiri di Indonesia pada 2023 mencapai Rp474 triliun dengan 361,54 juta transaksi. Hal ini juga dipengaruhi turut berubahnya gaya hidup orang Indonesia yang ternyata gemar belanja online.

Model bisnis e-commerce sebagai jenis perdagangan yang menyasar langsung consumer (B2C) sangat banyak dijalankan pebisnis di Indonesia. Mulai dari bisnis online sederhana berkategori bisnis kecil menengah yang dijalankan individu hingga e-commerce besar oleh skala perusahaan atau korporasi.

Semua produk dan layanan dapat ditemui di dalam e-commerce mulai dari makanan dan minuman, musik, buku, produk rumah tangga, tiket pesawat, investasi, hobi, dll, hingga barang yang sifatnya langka sekalipun dapat ditemui.

UMKM di Indonesia juga tidak kalah dalam melakukan digitalisasi UMKM untuk memasarkan dan menjual produk-produk lokal secara luas melalui media online. Meskipun pelaku UMKM yang sudah berjalan di ekosistem digital berjumlah 19,4 juta dari 65 juta lebih UMKM yang ada di Indonesia, hal ini masih tergolong kecil. Masih terbuka lebar bagi pelaku UMKM menuju digital yang lebih luas lagi pasarnya.

Baca juga: Digitalisasi UMKM dengan Teknologi Pembayaran Payment Gateway

Berbagai jenis produk dan layanan hadir dengan banyak pilihan bagi masyarakat (consumer) dari bisnis model B2C. Dalam era teknologi digital, berbagai jenis bisnis online dengan model B2C banyak bermunculan yang menyasar segmen pasar berbeda-beda. Seperti segmen traveling, e-commerce, jasa, edukasi, pembelajaran online, dll.

Model transaksi dalam B2C juga sederhana. Ada yang melalui penjualan langsung (termasuk MLM), melalui penjualan online menggunakan website atau aplikasi, hingga menggunakan media sosial sebagai tempat jualan dan transaksi sehingga dinamakan social commerce. Sistem pembelian hingga pembayaran dalam bisnis model B2C cenderung cepat dan dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Hampir semua produk, termasuk jasa, tersedia dalam e-commerce B2C mulai dari makanan dan minuman, musik, buku, produk rumah tangga, tiket pesawat, investasi, hobi, dll, hingga barang edisi kolektor yang sifatnya langka sekalipun dapat ditemui.

Bagi pebisnis online yang mempunyai jenis layanan B2C, sangat membutuhkan pembayaran yang cepat dan mudah dari transaksi consumer yang datang. Pebisnis atau konsumen tidak lagi menggunakan metode pembayaran konvensional melainkan menerapkan metode pembayaran digital dan beragam.

Pelaku bisnis online dapat memperoleh metode pembayaran beragam melalui perusahaan payment gateway. Di sinilah peran payment gateway sebagai solusi kemudahan bagi pemilik bisnis online memberikan kemudahan pembayaran bagi pelanggan/consumer.

Pembayaran yang diproses melalui payment gateway dari merchant tidak hanya mencakup pembayaran melalui kartu fisik seperti debit dan kartu kredit saja, tetapi juga pembayaran melalui virtual account dan transfer antar bank.

Payment gateway merupakan sebuah sistem yang dapat mengotorisasi pembayaran yang dilakukan pelanggan di berbagai platform e-commerce, seperti website, aplikasi, marketplace, hingga media sosial. Sistem ini memungkinkan bisnis online dapat menerima pembayaran dari berbagai bank dan metode pembayaran, mulai dari virtual account, QRIS, e-wallet, kartu kredit/debit, gerai ritel modern, hingga paylater.

Teknologi yang digunakan oleh layanan payment gateway juga selalu berkembang seiring dengan selera konsumen dan kapabilitas teknis yang berubah.

Arsitektur yang digunakan oleh payment gateway juga akan berbeda tergantung platform yang digunakan oleh merchant online. Jika merchant menggunakan layanan online, antarmuka pemrograman aplikasi (API) diperlukan agar platform yang bersangkutan dapat berkomunikasi dengan jaringan pemrosesan pembayaran.

Bahkan, bila pelaku bisnis online tidak memiliki kemampuan teknis sekalipun dapat menggunakan layanan payment gateway melalui link pembayaran dan halaman checkout yang sudah menyediakan metode pembayaran beragam bagi konsumen.

Peran payment gateway bagi bisnis online adalah menyederhanakan proses pembayaran dengan menyediakan berbagai metode pembayaran. Sehingga, bisnis online dapat meningkat dengan pesat terbukti dengan pesatnya pelaku bisnis e-commerce di Indonesia.

Setidaknya ada enam manfaat yang bisa dirasakan oleh bisnis online ketika mereka memutuskan untuk menggunakan layanan payment gateway sebagai dukungan sistem pembayaran non tunai, yaitu:

  • Memperbanyak opsi metode pembayaran yang digunakan.
  • Mempercepat proses transaksi dan efisien.
  • Keamanan transaksi yang terjamin.
  • Dapat memperluas jangkauan pasar.
  • Tidak ada limit transaksi.
  • Memungkinkan banyak transaksi terjadi dalam satu waktu.

Hadirnya teknologi payment gateway memiliki daya tarik tinggi terhadap konsumen e-commerce. Jaminan keamanan dan kemudahan transaksi membuat mereka lebih yakin dalam melakukan transaksi. Terlebih lagi apabila kamu memilih menggunakan payment gateway yang menyediakan aneka opsi pembayaran non tunai yang lengkap.

Salah satu payment gateway yang berdiri untuk melayani bisnis e-commerce di Indonesia adalah Winpay Indonesia. Berdiri sejak 2017, Winpay selalu berkomitmen untuk memastikan terselenggaranya pemrosesan pembayaran secara lancar dengan menyediakan infrastruktur sistem pembayaran terdepan dan channel pembayaran yang beragam dan aman.

Hal ini sejalan dengan prinsip interkoneksi dan interoperabilitas yang ingin diwujudkan oleh Bank Indonesia, sehingga masyarakat dapat terhubung ke ekosistem finansial dengan aman, mudah, cepat, dan efisien bagi pebisnis online di Indonesia.

Tentang Winpay Indonesia

Winpay adalah solusi pembayaran yang dapat diandalkan, aman, dan lengkap untuk bisnis online Anda. Lebih dari 25 pilihan metode pembayaran, akan membuat bisnis Anda menjadi lebih maju dan memudahkan pelanggan melakukan pembayaran.

Layanan Winpay Payment Gateway, dapat menerima pembayaran menggunakan:

    • Virtual account 11 bank siap melengkapi pembayaran Anda.
    • E-wallet dan QRIS, menerima pembayaran melalui QRIS menggunakan e-money dan e-wallet, seperti: Gopay, DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, dan jaringan bank.
  • Jaringan kartu kredit dan kartu debit Visa dan MasterCard.
  • Gerai minimarket modern melalui jaringan Indomaret, Alfamart Group, dan Fastpay
  • Winpay mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Layanan Payment Gateway No. 23/560/DKSP/Srt/B sebagai PSJP Kategori 1, dengan ijin Penerbit Uang Elektronik, Penyelenggara Payment Gateway, Penyelenggara Transfer Dana untuk PT Bimasakti Multi Sinergi.

Payment gateway Indonesia

Teguh Hartono