E-commerce berkembang sangat pesat karena perkembangan teknologi internet, media sosial berkembang sangat cepat. Internet dan media sosial turut berperan menjadi instrumen revolusi e-commerce.
Bisnis e-commerce berbasis B2C melibatkan dua pihak, yaitu pemilik bisnis atau merchant dengan pelanggan. E-commerce sendiri adalah aktivitas jual beli produk atau jasa melalui internet dan media elektronik dimana transaksi dilakukan melalui platform situs web, aplikasi mobile, media sosial hingga channel elektronik seperti media televisi.
Model bisnis e-commerce B2C dapat dilakukan oleh individu atau perusahaan dalam membeli atau menjual barang dan jasa sebagai platform pribadi, karena rata-rata e-commerce fokus pada satu penjual saja. Sehingga, pembeli hanya menemukan satu jenis produk saja sesuai kebutuhan mereka.
Menjalankan bisnis e-commerce dapat menggunakan media penjualan seperti website, aplikasi, bahkan berkembang menjadi social commerce melalui media sosial Instagram, TikTok, Facebook, tidak dapat mengesampingkan pembayaran digital.
Ada banyak keuntungan untuk memulai bisnis e-commerce kamu sendiri, apalagi industri ini berkembang pesat dan mempunyai nilai yang fantastis. Bisnis e-commerce yang dijalankan sendiri menggunakan platform website, aplikasi, atau media sosial tidak perlu berbagi keuntungan/komisi bila dibandingkan menggunakan marketplace.
Berjualan melalui platform sendiri memiliki keuntungan dimana pendapatan yang didapat menjadi sepenuhnya milik pelaku e-commerce.
Nilai transaksi e-commerce di Indonesia pada 2023 mencapai Rp474 triliun dengan 361,54 juta transaksi. Semua produk dan layanan dapat ditemui di dalam e-commerce mulai dari makanan dan minuman, musik, buku, produk rumah tangga, tiket pesawat, investasi, hobi, dll, hingga barang yang sifatnya koleksi dan limited edition dapat ditemui.
Bahkan, kamu juga bisa menjual jasa secara online kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti jasa pembuatan website, jasa kelola media sosial, jasa fotografi dan videografi, jasa pembuatan artikel dan copywriting, jasa desain dan ilustrasi, jasa tukang, jasa bengkel reparasi, dll. Semuanya dapat dilayani secara online.
E-commerce sendiri telah mengalami inovasi dan revolusi menjadi social commerce. Social commerce sendiri merupakan penggunaan platform media sosial untuk menjual jasa atau produk. Model penjualan social commerce bersifat end-to-end dimana pelanggan dapat melakukan interaksi langsung dengan brand, mencari berbagai produk, dan melakukan transaksi tanpa meninggalkan aplikasi media sosial, dan tanpa memaksa pelanggan untuk berpindah platform.
Aplikasi media sosial yang dilengkapi dengan fitur social commerce adalah TikTok, Instagram, Facebook, dan Pinterest.
Salah satu teknologi pendukung e-commerce dan social commerce adalah instrumen pembayaran digital. Teknologi pembayaran digital ini menjadikan e-commerce membawa kemudahan dan manfaat.
Pembayaran digital bagi bisnis e-commerce, khususnya B2C (Business to Consumer) membawa banyak manfaat bagi kedua pihak, merchant dan pembeli. Disinilah bisnis e-commerce dan social commerce membutuhkan payment gateway untuk pembayaran digital.
Baca juga: 14 Jenis Pembayaran Digital Dan Manfaatnya Buat Bisnis
5 Alasan Bisnis E-commerce Membutuhkan Payment Gateway
Peran payment gateway dalam bisnis online adalah memberikan kemudahan bagi merchant dalam menerima pembayaran dari pembeli. Integrasi e-commerce dengan payment gateway juga mudah sesuai kebutuhan dari merchant, seperti menggunakan API, halaman checkout, link pembayaran, hingga invoice elektronik (e-invoice).
Winpay adalah payment gateway yang menyediakan beragam metode pembayaran bagi bisnis e-commerce dan social commerce secara online dan offline, seperti QRIS, e-wallet, virtual account, melalui gerai minimarket modern, dan agen PPOB.
1. Mudah dan Praktis dengan Pilihan Pembayaran Beragam
Sistem pembayaran digital sangat dibutuhkan dalam bisnis karena faktor kemudahan dan kepraktisan. Bila sebelumnya pembayaran bisa berlangsung lama di depan kasir, atau hanya bisa dilakukan secara tunai, dengan beralih ke pembayaran digital dapat mempersingkat waktu pembayaran.
Dengan adanya pembayaran online maka pelanggan bisa dengan mudah melakukan pembayaran sesuai metode yang diinginkan. Mulai dari pembayaran dengan virtual account, e-money, QRIS, e-wallet, kartu kredit/debit, hingga melalui channel minimarket.
Pembayaran cashless sangat digemari orang Indonesia ketika belanja online telah mencapai Rp160,47 triliun di tahun 2023. Mereka suka menggunakan QRIS, e-wallet, dan virtual account ketika membayar. Hal ini mengurangi membawa uang tunai dalam jumlah besar.
Baca juga: Cashless Metode Pembayaran Populer Di Indonesia
Dengan memberikan solusi berbagai metode pembayaran online akan membuat bisnis kamu jauh lebih digemari oleh konsumen. Hal ini akan mengakibatkan transaksi berulang atau repeat order pada bisnis yang kamu jalankan. Pastinya keuntungan akan berlipat.
2. Tidak Perlu Sediakan Banyak Rekening
Payment gateway membantu bisnis online kamu menyediakan virtual account bank dari banyak bank sehingga pelaku bisnis tidak perlu menyediakan semua rekening dari seluruh bank di Indonesia. Payment gateway membuat secara otomatis terjaring dengan bank-bank di Indonesia hanya dalam satu kali integrasi.
Winpay menyediakan virtual account bank seperti Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, BSI, Permata Bank, CIMB Niaga, Maybank, Bank Neo Commerce, Bank Sinarmas, dan Bank Muamalat.
3. Transaksi Cepat dan Hemat Biaya
Payment gateway membantu menekan pengeluaran bisnis dengan biaya transaksi yang rendah, menghemat waktu karena tahapan transaksi berjalan lebih cepat dan otomatis dalam hitungan detik saja.
Adanya payment gateway memangkas waktu dan biaya operasional karena payment gateway terintegrasi langsung ke bank, asosiasi penerbit, payment aggregator, dan fintech pembayaran.
Dengan memanfaatkan dan mengintegrasikan payment getaway ke dalam bisnis akan memberikan pengalaman berbelanja yang lancar, mudah, efisian, dan aman kepada pelanggan, serta dapat memperluas jangkauan secara global.
4. Keamanan Transaksi Terjamin
Masih banyak orang yang enggan belanja online karena dirasa tidak aman. Hal ini tak lepas dari masih adanya kasus penipuan dalam transaksi jual beli online yang mengakibatkan konsumen jadi rugi.
Fungsi payment gateway untuk membantu bisnis online dapat membangun kepercayaan atas reputasi bisnis online di mata pelanggan. Keamanan payment gateway Indonesia ini sudah pasti terjamin karena diawasi dan memperoleh lisensi dari lembaga keuangan di Indonesia serta sertifikasi keamanan berstandar Internasional.
Semua transaksi pembayaran di payment gateway Winpay dijamin keamanannya dengan dienkripsi menggunakan 256-bit Advanced Encryption Standard (AES-256), SHA256withRSA, sertifikat PCI-DSS, ijin dari Bank Indonesia, dan menerapkan fraud detection system.
Terkait keamanan bagi pelanggan, dapat secara mandiri menjaga keamanan akun dan data pribadi masing-masing. Terlebih, kejahatan siber banyak modus dan bentuknya.
5. Meminimalisir Kesalahan Transaksi
Adanya sistem pembayaran online bisa meminimalisir adanya kesalahan transaksi, selain itu nominal yang dibayarkan oleh pelanggan sama persis dengan total tagihan. Fitur ini dinamakan closed amount pada metode pembayaran virtual account di Winpay.
Nah, dari deretan manfaat payment gateway untuk bisnis e-commerce di atas dapat memberikan pencerahan terhadap bisnis yang kamu jalankan. Manfaatkan teknologi pembayaran untuk berbagai bisnis online melalui payment gateway Winpay.
Tentang Winpay Indonesia
Winpay adalah solusi pembayaran yang dapat diandalkan, aman, dan lengkap untuk bisnis online Anda. Lebih dari 25 pilihan metode pembayaran, akan membuat bisnis Anda menjadi lebih maju dan memudahkan pelanggan melakukan pembayaran.
Layanan Winpay Payment Gateway, dapat menerima pembayaran menggunakan:
- Virtual account 11 bank siap melengkapi pembayaran Anda.
- E-wallet dan QRIS, menerima pembayaran melalui QRIS menggunakan e-money dan e-wallet, seperti: Gopay, DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, dan jaringan bank.
- Jaringan kartu kredit dan kartu debit Visa dan MasterCard.
- Gerai minimarket modern melalui jaringan Indomaret, Alfamart Group, dan Fastpay
- Winpay mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Layanan Payment Gateway No. 23/560/DKSP/Srt/B sebagai PSJP Kategori 1, dengan ijin Penerbit Uang Elektronik, Penyelenggara Payment Gateway, Penyelenggara Transfer Dana untuk PT Bimasakti Multi Sinergi.
https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono |
https://iamteguh.medium.com
- Tips Digitalisasi UMKM di Indonesia - December 2, 2024
- Keuntungan Link Pembayaran untuk Bisnis - May 30, 2024
- Manfaat QRIS untuk UMKM sebagai Alat Pembayaran - May 22, 2024