14 Jenis Pembayaran Digital dan Manfaatnya Buat Bisnis

Pembayaran digital atau pembayaran online paling sering digunakan karena kemudahan dan manfaatnya. Jenis pembayaran digital ada bermacam-macam dan dapat digunakan dalam transaksi online di e-commerce.

Pembayaran digital atau digital payment merupakan platform berbasis teknologi digital yang menjembatani proses transaksi keuangan secara non-tunai, baik itu ke merchant offline maupun online.

Metode pembayaran online mengalami popularitas yang sangat tinggi dalam bisnis e-commerce. Berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi yang disediakan oleh metode pembayaran online membuat jenis metode pembayaran ini sangat diminati oleh masyarakat.

Jenis pembayaran digital menggunakan media berteknologi seperti SMS, Mobile Banking, Internet Banking, QRIS, Digital Wallet, dan sebagainya. Seluruh kegiatan ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat elektronik yang bernama smartphone.

Zaman sekarang sudah banyak orang meninggalkan transaksi tunai dan beralih ke transaksi non-tunai atau cashless. Transaksi cashless menggunakan uang elektronik dan dompet elektronik 2023 mencapai Rp160,47 triliun dengan 40,05 juta penggunanya menggunakan dompet digital atau e-wallet di 28,38 juta merchant. Hal ini menjadikan cashless sebagai pembayaran populer di Indonesia.

Pembayaran secara cashless sebagai akibat dari digitalisasi yang turut mengubah dan mempengaruhi cara ma]syarakat menjalani kehidupan sehari-hari. Masyarakat beralih dari cara konvensional menuju cara digital.

Generasi cashless tidak hanya menyasar anak muda, melainkan segala generasi asalkan memiliki smartphone dan aktif dalam dunia digital seperti media sosial, belanja online, dll. Banyak sekali platform pembayaran dengan segala fiturnya serta tawaran-tawaran menarik di baliknya.

Jenis Pembayaran Digital

1. QRIS dan E-wallet

QRIS dan e-wallet

QRIS hadir dan dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama Bank Indonesia agar proses transaksi yang dilakukan mudah dan cepat. Bagi customer keberadaan QRIS memungkinkan mereka melakukan pembayaran dengan aplikasi apapun dengan QR yang sama.

Pembayaran melalui QRIS menggunakan dompet digital atau e-wallet. Metode pembayaran ini merupakan pembayaran cashless di merchant-merchant bertanda QRIS.

Jenis pembayaran digital QRIS dan e-wallet sangat populer digunakan oleh masyarakat sebagai alat pembayaran cashless melalui e-wallet OVO, DANA, Gopay, ShopeePay, SpeedCash, atau dari aplikasi mobile banking yang sudah banyak beredar. Syaratnya mudah, cukup tersedia saldo yang didepositkan di akun e-wallet yang kamu miliki.

Selain dompet digital versi fintech, banyak sekali bank yang telah meluncurkan dompet digital versi mereka sendiri.

Baca juga: Cashless Metode Pembayaran Populer di Indonesia

Kelebihan QRIS dan E-wallet

  • Belanja lebih praktis tidak perlu input nomor rekening dan jumlah tagihan.
  • Mudah digunakan cukup scan dengan kamera smartphone.
  • Tidak perlu bawa uang tunai yang banyak ketika berbelanja di merchant offline dan simpan kembalian.
  • Total top up saldo e-wallet hingga Rp20 juta dalam satu bulan.

Kekurangan QRIS dan E-wallet

  • Bergantung pada koneksi internet di smartphone.
  • Dana rawan disalahgunakan kalau smartphone dicuri tanpa pengaman yang cukup.
  • Perlu dicek apakah nama toko di layar dan toko fisik sama.

2. Mobile Banking

Mobile banking

Bank-bank besar yang ada di Indonesia, baik bank pemerintah dan swasta umumnya memiliki fasilitas mobile banking yang dapat diunduh melalui smartphone. Aplikasi ini berguna untuk melakukan kegiatan-kegiatan finansial yang salah satunya adalah transfer dana dan pembayaran secara digital.

Bank-bank besar banyak yang merilis bank digital alias bank tanpa kantor fisik yang merupakan turunan dari bank konvensional, dimana semua layanan dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking yang diberikan.

Bahkan dalam aplikasi mobile bankingnya menyediakan fitur tarik tunai tanpa kartu dimesin-mesin ATM nya hanya melalui smartphone nasabahnya. Contohnya: Livin’ by Mandiri, blu (BCA Digital), Jago dari Bank Jago (GoTo Financial), Allo Bank, dll.

Kelebihan Mobile Banking

  • Transaksi bisa dilakukan di perangkat seluler yang kecil karena berbasis aplikasi.
  • Fungsinya lengkap, mulai dari transfer, investasi, hingga bayar tagihan dan pembelian produk digital.
  • User, PIN, dan Password bisa disimpan di perangkat.
  • Aplikasi mobile banking dapat dibuka menggunakan sensor sidik jari supaya lebih aman dan praktis.

Kekurangan Mobile Banking

  • Membutuhkan akses internet seluler yang cepat dan stabil atau menggunakan jaringan wifi.
  • Crash di aplikasi terkadang menghambat transaksi keuangan.
  • Satu bank hanya punya satu aplikasi, tidak ada pilihan lain kalau aplikasi bermasalah.
  • Rawan disalahgunakan kalau perangkat hilang terlebih tanpa pengaman yang ketat.

3. Virtual account

Virtual account

Virtual account adalah akun rekening bank virtual yang digunakan untuk identifikasi dan menerima pembayaran yang berbeda dengan rekening biasa. Virtual account berupa nomor ID pelanggan (customer ID) yang unik dengan memasukkan kode angka virtual account akun bank pembeli, sehingga dapat memunculkan detail pembayaran yang harus dilakukan.

Metode pembayaran virtual account sangat mudah karena pembeli tidak perlu memasukan nominal harga secara detail dan menentukan penerima dana. Contoh penggunaan virtual account bank sebagai pilihan pembayaran seperti: marketplace Tokopedia, tiket bus redBus, Traveloka, Shopee, dll. Virtual account juga digunakan untuk melakukan deposit pada aplikasi PPOB.

Baca juga: Virtual Account, Cara Kerja, Manfaat dan Keuntungannya

Bagi pemilik bisnis online, untuk melengkapi metode pembayaran virtual account dapat melalui payment gateway Winpay yang menyediakan VA bank-bank seperti BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, BSI, Bank Muamalat, Bank Sinarmas, CIMB Niaga, Permata Bank, Maybank.

Kelebihan Virtual Account

  • Transaksi dari pelanggan tercatat otomatis di sistem pembukuan.
  • Bisa diintegrasikan dengan mudah di platform belanja online berupa web, aplikasi, media sosial menggunakan link pembayaran.
  • Melayani transaksi jual beli selama 24 jam non stop.
  • Lebih aman karena virtual account punya waktu kadaluarsa.

Kekurangan Virtual Account

  • Jika salah input, proses refund memakan waktu cukup lama.
  • Tidak boleh melakukan transaksi saat menggunakan VPN.

4. E-money

Apa itu e-money

E-money atau uang elektronik berbeda dengan e-wallet. E-money adalah yang yang disimpan dalam suatu media elektronik berbasis chip berupa kartu, bukan sebagai simpanan seperti tabungan di bank, hanya sebagai alat pembayaran. E-money dapat digunakan offline, tidak membutuhkan koneksi internet, digunakan dengan cara digesek atau disentuh/tapping.

E-money secara fungsi bisa digunakan untuk membayar tiket transportasi seperti bus TransJakarta, KRL Commuter Line, MRT, bayar tol, bayar parkir, tempat hiburan, atau belanja di toko minimarket.

Jenis pembayaran digital ini harus diisi saldo atau top up agar dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Top up saldo e-money dapat dilakukan melalui ATM bank penerbit, mobile banking atau agen-agen PPOB

Baca juga: 9 Jenis Emoney Bayar Tol

E-money diterbitkan oleh bank dan perusahaan teknologi finansial (fintech). Jenis kartu e-money yang banyak beredar dan digunakan sebagai alat pembayaran seperti: E-Toll Mandiri, e-mOney Mandiri, BRIZZI (BRI), BCA Flazz, BNI TapCash, Indomaret Card, dan Pertamina GazCard.

Kelebihan E-money

  • Bayar transaksi lebih mudah tanpa perlu bawa uang cash dan tidak perlu repot simpan kembalian.
  • Bayar transaksi lebih cepat cukup tempel/gesek kartu di mesin EDC.
  • Desain kartu e-money bisa dikustom sesuai keinginan.

Kekurangan E-money

  • Tidak banyak merchant melayani transaksi dengan e-money karena merchant harus menyediakan mesin EDC.
  • Isi ulang e-money masih terbatas harus ke ATM, teller bank, minimarket, smartphone yang mendukung NFC.
  • Batas saldo tersimpan dalam kartu e-money Rp2.000.000,00 saja, tidak dapat digunakan untuk transaksi dengan nominal lebih besar.
  • Kurang aman, e-money bisa digunakan tanpa PIN dan berpotensi hilang atau rusak.

5. Paylater

Paylater

Paylater adalah fasilitas keuangan yang memungkinkan pelanggan untuk membeli barang atau jasa dengan metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit. Istilah ini muncul juga karena salah satu jasa dengan nama sama yang memungkinkan pengguna membeli sesuai dengan skema cicilan tanpa kartu kredit tersebut.

Paylater atau dikenal juga dengan Buy Now Pay Later termasuk banyak dipakai pelaku belanja online di Indonesia karena kemudahannya membayar secara cicilan. Namun, kamu harus berhati-hati ketika menggunakan paylater ini bila keasyikan dan terbuai dengan promo-promo yang diberikan bisa membuat tagihan paylater kamu membengkak dikemudian hari.

Paylater biasanya diberlakukan untuk transaksi dalam hal traveling, makanan, dan produk konsumsi harian lainnya. Jenis pembayaran digital Paylater sudah digunakan di banyak marketplace e-commerce seperti Tokopedia, Shopee; online travel agent (OTA) seperti Traveloka.

Kelebihan Paylater

  • Bisa beli barang yang mahal saat tidak punya uang dengan cara mencicil tanpa apply kartu kredit.
  • Cocok untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya darurat.
  • Persyaratan buat akun lebih mudah dan praktis hanya menggunakan KTP.
  • Pilihan tenor beragam, mulai dari 1 bulan sampai 1 tahun.

Kekurangan Paylater

  • Jika tidak dikontrol membuat pelaku jadi konsumtif sehingga tagihan menjadi membengkak.
  • Suku bunga cukup tinggi, harga produk jadi lebih mahal.

6. Internet banking

Internet banking

Internet banking atau e-banking bisa dibilang sudah ada ketika internet banyak digunakan di Indonesia dan bank-bank memulai layanan online melalui situs web bank. Jenis pembayaran digital ini memerlukan koneksi internet agar bisa terhubung dengan jaringan bank dengan fitur dan fasilitas yang cukup beragam seperti transfer, pembelian dan pembayaran, dll.

Jika ingin mengaktifkan layanan internet banking kamu harus pergi ke bank dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku, buku tabungan , kartu ATM, serta memiliki alamat email aktif. Jika semua prosesnya selesai, kamu bisa melakukan pembayaran digital dengan internet banking. Internet banking menggunakan sebuah token untuk melakukan transaksi finansial demi keamanan.

Kelebihan Internet Banking

  • Lebih praktis tidak perlu pergi ke bank atau ATM.
  • Menggunakan token untuk transaksi finansial.
  • Bisa dilakukan kapan saja, menggunakan laptop/komputer selama terhubung ke internet.
  • Memungkinkan nasabah melakukan aktivitas keuangan secara mandiri.

Kekurangan Internet Banking

  • Perlu login ke akun perbankan, tidak boleh lupa username dan PIN atau password.
  • Beberapa kali salah input password bisa berisiko akun diblokir.
  • Memerlukan laptop atau komputer untuk mengakses website, tidak dapat menggunakan mobile browser.
  • Akses internet harus stabil, cepat, dan aman supaya aman dari hack.

7. Transfer bank

Transfer bank

Transfer bank sudah umum digunakan oleh masyarakat karena mudah diaplikasikan oleh banyak orang. Transfer bank adalah kegiatan memindahkan uang di rekening bank ke rekening bank lain. Proses transfer bisa dari sesama bank atau ke bank yang berbeda.

Transfer bank online dilakukan melalui ATM, teller bank, hingga munculnya SMS banking dan teknologi smartphone yang memunculkan aplikasi mobile banking, internet banking dan SMS banking.

Transfer bank baik sesama atau beda bank masih dilakukan oleh nasabah dalam transaksi keuangan. Transfer bank antar pengguna atau bank yang sama adalah gratis tanpa biaya. Transfer yang berbeda bank akan dikenakan biaya admin mulai Rp2.500,00 (BI-Fast) hingga Rp7.500,00

Kelebihan Transfer Bank

  • Paling banyak digunakan, opsi pembayaran tersedia di semua platform belanja online, e-commerce, atau marketplace.
  • Sangat umum digunakan, mudah dilakukan semua orang menggunakan kartu ATM.
  • Mesin ATM dan kantor cabang bank tersedia di mana-mana.

Kekurangan Transfer Bank

  • Salah masukkan PIN ATM bisa kena blokir.
  • Membutuhkan nomor rekening untuk transfer ke rekening lain.
  • Nomor rekening panjang mulai dari 10 hingga 13 digit, butuh ketelitian tinggi untuk input di mesin atau aplikasi.
  • Harus memasukan kode bank jika ingin transfer ke beda bank.
  • Transfer dana dalam jumlah besar terkadang dibatasi dan makan waktu lama.
  • Dikenakan biaya administrasi untuk transfer ke beda bank.

8. Kartu kredit

Pembayaran kartu kredit

Kartu kredit sebagai alat pembayaran memudahkan nasabah untuk belanja dengan metode cicilan tanpa proses yang berbelit-belit, dan bisa digunakan bertransaksi dengan aman untuk belanja di dalam dan luar negeri.

Kartu kredit dibekali teknologi pelindung yang dapat menghalau kecurangan atau fraud. Proteksi seperti Fraud Guard atau On Us Routing membuatnya bisa digunakan bertransaksi dengan aman, baik untuk belanja di luar atau dalam negeri. Kartu kredit

Kartu kredit di Indonesia dikeluarkan oleh lembaga penerbit bekerjasama dengan bank, seperti Visa, MasterCard, JCB (Japan Credit Bureau), dan American Express.

Visa dan Mastercard merupakan salah satu merek kartu kredit dan kartu debit paling populer di dunia. Biasanya logo Visa dan MasterCard ini menempel pada kartu debit maupun kartu kredit yang ada di Indonesia. preferensi penggunaan keduanya dapat berbeda di berbagai negara. Misalnya, di negara-negara Asia, kartu Visa cenderung lebih banyak dipilih, sementara di Eropa dan Amerika, Mastercard lebih umum digunakan.

Jumlah penggunaan kartu kredit di Indonesia pada 2023 tercatat 17,91 jumlah kartu dengan volume transaksi kartu kredit 219 juta dan nilai transaksi mencapai 226 triliun.

Kelebihan Kartu Kredit

  • Memudahkan pembeli untuk belanja secara mencicil.
  • Batas limit kartu kredit bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran tergantung pada kualitas nasabah (nasabah prioritas).
  • Banyak diskon dan reward khusus untuk pembelian dengan kartu kredit.
  • Ada opsi cicilan 0% sehingga bayar cicilan jadi lebih murah.
  • Dijamin aman untuk transaksi online dalam dan luar negeri.

Kekurangan Kartu Kredit

  • Ada bunga tahunan atau biaya tambahan yang harus dikeluarkan.
  • Limit kartu kredit masih terbatas menyesuaikan kualitas nasabah dilihat dari pembayarannya.
  • Membuat pengguna ketagihan kredit barang yang belum tentu dibutuhkan.
  • Jika track record kurang baik, sulit dapat persetujuan pinjaman.
  • Penggunaan kartu kredit untuk transaksi online rawan disalahgunakan bila data pribadi nasabah dicuri atau tersebar ke publik.

9. Kartu debit

Jenis pembayaran digital yang lain adalah kartu debit. Alat pembayaran yang dikeluarkan oleh bank berbentuk kartu, biasanya berupa kartu ATM yang dapat digunakan untuk tarik tunai di mesin ATM sekaligus sebagai kartu untuk keperluan belanja di merchant-merchant secara offline yang terhubung langsung pada rekening pengguna.

Mekanisme umum penggunaan kartu debit adalah dengan digesek pada mesin EDC, lalu saldo yang terdapat di bank akan dipotong secara otomatis.

Jumlah kartu debit/kartu ATM di Indonesia mencapai 232,11 juta unit di tahun 2023 ini dengan jumlah volume transaksi kartu ATM dan debit mencapai 551,26 juta transaksi.

Visa dan Mastercard merupakan salah satu merek kartu debit populer di Indonesia yang menempel pada kartu debit atau ATM bank.

Kelebihan Kartu Debit

  • Melekat sebagai kartu ATM yang dapat menjadi alat pembayaran cashless pada mesin EDC di merchant.
  • Dapat bertransaksi dalam jumlah besar sesuai dengan saldo yang dimiliki di bank.
  • Kartu debit sangat praktis dan umum digunakan di hampir semua supermarket, merchant, bahkan lumayan banyak toko kecil atau cafe tempat ngopi di pinggir jalan sudah menggunakannya dengan hanya digesek.
  • Karena menggunakan saldo sendiri, maka pengguna tidak berhutang dan terbeban bunga.
  • Pengeluaran pun dibatasi oleh jumlah saldo yang dimiliki.
  • Aman digunakan sebelum bayar belanja di merchant karena harus masukkan PIN kartu debit/ATM terlebih dahulu.
  • Saat membutuhkan uang tunai, tarik tunai bisa dilakukan secara gratis di ATM. Bahkan di beberapa supermarket atau mini market pun bisa melakukannya.

Kekurangan Kartu Debit

  • Repot jika membutuhkan dana yang lebih besar dari saldo, sebab tidak bisa digunakan untuk berhutang pada bank.
  • Penggunaan kartu debit minim promo dan rentan disalahgunakan jika hilang atau dicuri.

11. SMS banking

Jenis pembayaran digital menggunakan SMS banking termasuk layanan transaksi finansial lain berbentuk teks yang ditawarkan oleh pihak bank menggunakan nomor ponsel. Layanan SMS banking ini bisa menggunakan sejumlah fitur, seperti informasi saldo, tagihan kartu kredit, mutasi rekening, suku bunga, dan lain sebagainya.

Kegunaan SMS Banking juga memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi, mulai dari transfer uang, pembayaran air, asuransi, internet, pajak, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menggunakannya kapanpun dan dimanapun selama memiliki pulsa yang cukup.

Agar nomor ponselmu dapat dijadikan alat transaksi, maka kamu harus mendaftarkannya terlebih dahulu di bank tempat kamu menabung. Jika sudah, maka kamu dapat melakukan banyak pembayaran melalui SMS banking dengan gadgetmu menggunakan UMB (USSD Menu Browser).

Kelebihan SMS Banking

  • Praktis tanpa harus keluar rumah dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.
  • Semua jenis SIM card bisa digunakan dan tidak memerlukan koneksi internet cepat karena hanya menggunakan pulsa dan UMB.
  • Lebih efisien karena bebas gangguan eksternal, seperti jaringan internet atau mati listrik.

Kekurangan SMS Banking

  • Kurang fleksibel karena aktivitas cukup terbatas.
  • Terdapat risiko penyadapan SMS.
  • Relatif sedikit lebih mahal karena terkadang terdapat tambahan biaya administrasi lainnya.

12. Payment gateway

Payment gateway adalah sistem pembayaran yang menghubungkan pelaku bisnis dengan berbagai metode pembayaran online seperti virtual account bank, QRIS, e-wallet, kartu kredit, dan lainnya. Metode pembayaran ini mengelola seluruh tahapan proses pembayaran, mulai dari otentikasi, pengolahan transaksi, dan proses keamanan transaksi.

Payment gateway terintegrasi langsung dengan prosesor pembayaran, seperti bank atau lembaga penerbit keuangan lainnya, yang memungkinkan transaksi pembayaran bisa dikirimkan dengan cepat, aman, dan terpercaya.

Payment gateway untuk bisnis online adalah Winpay.

Kelebihan payment gateway Winpay adalah mudah diintegrasikan menggunakan API, payment link, halaman checkout dengan lebih dari 25 metode pembayaran siap digunakan pelaku bisnis individu atau berbadan usaha.

13. Paypal

PayPal

PayPal adalah layanan keuangan online yang memungkinkan kamu melakukan transaksi jual beli online dengan menggunakan akun. Di dalam akun ini nantinya bisa ditambahkan rekening bank, kartu kredit atau kartu debit untuk pengisian saldo dan melakukan pembayaran.

PayPal adalah metode pembayaran yang sering digunakan untuk transaksi jual beli di e-commerce global. PayPal juga sering digunakan untuk terima gaji dari klien di luar negeri. Biaya admin PayPal juga cukup murah, sekitar 30 sen Dollar AS ditambah 3% dari total transaksi.

Kelebihan PayPal

  • Cocok digunakan untuk transaksi dan terima uang dari luar negeri.
  • Memiliki jaringan kuat di seluruh dunia.
  • Administrasi mudah, biaya administrasinya tergolong murah untuk pembayaran dalam dan luar negeri.
  • Akses lebih mudah dengan ponsel pintar atau perangkat komputer dan laptop.
  • Memiliki sistem keamanan tinggi dan kredibel.
  • Kecepatan transaksi juara ke sesama pengguna PayPal atau ke rekening pribadi bank untuk beda negara hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam.

Kekurangan PayPal

  • Memiliki regulasi ketat, karena berkaitan dengan transaksi antar negara.
  • Transaksi non PayPal tergolong mahal dan dikenakan biaya administrasi sekitar 3 persen dari jumlah transaksi ditambah USD$0.3
  • Sangat rentan untuk disalahgunakan.
  • Sulit melakukan komplain untuk pengguna PayPal di Indonesia.
  • Akses bisa diblokir jika IP Address yang digunakan berganti-ganti.
  • Pembekuan akun yang lama bila terindikasi ada penyalahgunaan.

14. Cryptocurrency

Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang tidak memiliki bentuk fisik dan hanya dapat digunakan untuk transaksi digital saja. Cryptocurrency di Indonesia telah dilegalkan sebagai bentuk simpanan atau diperjualbelikan sebagai aset. Tetapi, cryptocurrency di Indonesia tidak bisa dijadikan sebagai alat pembayaran yang sah.

Cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum juga menjadi metode pembayaran online yang semakin populer. Dunia game dan bisnis digital mulai menerima pembayaran dalam bentuk cryptocurrency.

Kelebihan Cryptocurrency

  • Memiliki likuiditas tinggi memungkinkan dikonversi ke mata uang asli.
  • Transaksi kripto dilindungi teknologi kriptografi yang kuat sehingga tidak mungkin dipalsukan.
  • Transaksi kripto dapat dilakukan di seluruh dunia tanpa batasan geografis dengan biaya rendah rendah.
  • Bisa digunakan transaksi internasional dengan mudah.
  • Nilai aset kripto dapat naik signifikan dalam jangka waktu tertentu sehingga menawarkan peluang bagi investor untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Kelemahan Cryptocurrency

  • Rentan penipuan.
  • Tidak dianggap sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia.
  • Nilai aset kripto dapat berfluktuasi dengan sangat cepat, sehingga resiko tinggi bagi pemegangnya.
  • Investasi aset kripto termasuk high risk karena potensi nilai jatuh yang sangat cepat.
  • Jika kunci pribadi yang digunakan mengakses aset kripto hilang atau dicuri, akses ke aset tersebut juga akan hilang.

Payment Gateway untuk Bisnis Online

Dari 14 jenis pembayaran digital di atas, beberapa diantaranya dapat digunakan sebagai metode pembayaran dalam bisnis online, seperti virtual account, QRIS, e-wallet, kartu kredit yang tersedia melalui payment gateway.

Winpay adalah solusi payment gateway yang memfasilitasi transaksi pembayaran online antara merchant dan pelanggannya dengan solusi pembayaran yang handal, mudah, lengkap dengan biaya yang murah.

Tentang Winpay Indonesia

Winpay adalah solusi pembayaran yang dapat diandalkan, aman, dan lengkap untuk bisnis online Anda. Lebih dari 25 pilihan metode pembayaran, akan membuat bisnis Anda menjadi lebih maju dan memudahkan pelanggan melakukan pembayaran.

Layanan Winpay Payment Gateway, dapat menerima pembayaran menggunakan:

  • Virtual account 13 bank siap melengkapi pembayaran bisnis seperti VA BCA, VA Bank Mandiri, BRI, BNI, BSI Syariah, Bank Neo Commerce, Permata Bank, dll.
  • E-wallet dan QRIS, menerima pembayaran melalui QRIS menggunakan e-money dan e-wallet, seperti: Gopay, DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, dan jaringan bank.
  • Jaringan kartu kredit dan kartu debit Visa dan MasterCard.
  • Gerai minimarket modern melalui jaringan Indomaret, Alfamart Group, dan Fastpay
  • Winpay mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Layanan Payment Gateway No. 23/560/DKSP/Srt/B sebagai PSJP Kategori 1, dengan ijin Penerbit Uang Elektronik, Penyelenggara Payment Gateway, Penyelenggara Transfer Dana untuk PT Bimasakti Multi Sinergi.

Payment gateway Indonesia

Teguh Hartono