Virtual Account, Cara Kerja, Manfaat dan Keuntungannya

Manfaat virtual account untuk bisnis

Virtual account menjadi salah satu metode pembayaran cashless yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Manfaat virtual account juga sangat banyak sehingga menjadi keuntungan bagi pebisnis online dan pelanggan.

Kemudahan virtual account sebagai metode pembayaran dalam bisnis online atau digital, membuat lebih efisien dan mudah sebagai keuntungan bagi pelanggan. Menggunakan virtual account ternyata jauh lebih mudah daripada menggunakan rekening bank ketika melakukan pembayaran.

Ada banyak kekurangan dari metode transfer manual rekening bank. Transfer manual dinilai kurang efisien karena memiliki beberapa tantangan seperti isu keamanan, berpeluang terjadi human error dalam pengecekan secara manual, alur pengerjaan cukup panjang, dan sebagainya. Sehingga membuat proses pembayaran menjadi lebih lama.

Bank membuat dan mengembangkan metode pembayaran irtual account untuk lebih mempersingkat waktu dan memudahkan proses transaksi. Metode pembayaran virtual account dapat digunakan melalui berbagai fitur dari ATM, internet banking, mobile banking, atau aplikasi financial technology (fintech).

Metode pembayaran melalui virtual account saat ini banyak digunakan di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, dll; e-commerce atau online shop, berbagai bisnis online, aplikasi PPOB untuk deposit, pembelian tiket melalui OTA (online travel agent) seperti redBus, Traveloka, Tiket.com, Travelio, dll, bayar tagihan, dan masih banyak lagi. Penggunaan virtual account dirasa lebih efisien dan praktis dibandingkan dengan transfer manual rekening bank.

Apa itu Virtual Account?

Virtual account (VA) untuk pembayaran adalah akun rekening virtual atau rekening bank tidak nyata yang terdiri dari beberapa jumlah nomor ID pelanggan yang dibuat oleh bank yang dipilih sesuai permintaan corporate, penjual, maupun institusi financial technology dan dapat digunakan untuk melakukan pembayaran/transaksi.

Pada setiap transaksi, pelanggan akan mendapatkan satu ID akun atau biasa dikenal dengan VA number. Selanjutnya, masing-masing pelanggan diberikan virtual account yang unik dan berbeda, serta bisa diatur sesuai kebutuhan.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki metode pembayaran VA karena bank-bank di Indonesia tidak dengan mudah membagikan identitas siapa yang melakukan transaksi. Sehingga, pebisnis perlu melakukan identifikasi transaksi satu per satu secara manual. Maka tidak heran, ketika VA dirilis menjadi salah satu metode pembayaran cashless yang paling banyak digunakan dalam transaksi online di Indonesia, bersaing dengan QRIS dan pembayaran menggunakan e-wallet.

Baca juga: Cashless Metode Pembayaran Populer di Indonesia

Jenis Virtual Account

Ada dua jenis virtual account yang bisa digunakan sesuai karakter pelanggan juga, yaitu fixed virtual account dan non-fixed virtual account.

1. Fixed Virtual Account (Static)

Nomor VA yang biasanya langsung tersambung dengan nomor ponsel pengguna, pengguna dapat melakukan pembayaran secara berulang untuk melakukan transaksi tanpa harus memasukkan nomor ID. Nomor virtual account ini tidak akan berubah.

Nomor VA jenis fixed ini biasanya untuk membayar cicilan barang, berlangganan jasa pada platform, atau untuk melakukan top up di e-wallet yang menggunakan nomor ponsel pengguna sebagai nomor virtual account.

Fixed VA untuk pembayaran ini ada dua nominal yang bisa dipilih, yaitu closed amount dan open amount. Perbedaan dari Closed Amount dan Open Amount terdapat pada nominal transaksi. VA jenis closed amount langsung menampilkan nominal transaksi sesuai pesanan, misalkan untuk transaksi tiket bus (contoh redBus) atau transaksi di marketplace (contoh Tokopedia). Sedangkan VA jenis open amount tidak menampilkan nominal transaksi, nominal transaksi akan dimasukkan secara mandiri oleh customer, misalkan untuk transaksi top up e-wallet DANA, OVO, dll.

2. Non-fixed Virtual Account (Dynamic)

Nomor VA jenis non-fixed ini tidak langsung tersambung dengan nomor ponsel pengguna dan biasanya nomor unik yang diacak dan hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi dan memiliki expired date. Biasanya dynamic virtual account memiliki masa berlaku maksimal 24 jam.

Dynamic VA atau non-fixed ini ketika pelanggan akan melakukan pembayaran produk dari bisnis kamu melalui virtual account pada e-commerce, nomor ID yang diperoleh pelanggan tersebut tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan transaksi lainnya. Jika pelanggan memutuskan untuk membeli kembali, sistem akan memberikan tujuan nomor virtual akun baru.

Cara Kerja Virtual Account

Layanan transaksi dan metode pembayaran bisnis yang efisien, mudah, dan cepat sangat krusial untuk meraih citra bisnis yang baik. Menggunakan VA dalam bisnis menjadi salah satu sinergi menghubungkan pembeli dan penjual dalam hal kemudahan pembayaran.

Cara kerja virtual account

Cara kerja VA juga dapat dilihat dari dua sudut, yaitu sudut pandang sebagai pelanggan dan juga sebagai penjual (bisnis/merchant).

Virtual Account dari Sudut Pandang Pelanggan

  • Pelanggan melakukan transaksi pembelian dan checkout dari merchant yang berupa website atau aplikasi (e-commerce, marketplace, OTA, dll).
  • Memilih metode pembayaran virtual account yang diterbitkan bank atau aggregator pembayaran payment gateway.
  • Pelanggan akan mendapatkan nomor VA untuk pembayaran.
  • Bisa gunakan internet banking atau m-banking dan lakukan pembayaran melalui pilihan VA.
  • Setelah pembayaran selesai dilakukan, pelanggan akan mendapatkan notifikasi atau informasi pelunasan pembayaran sesuai dengan mekanisme masing-masing merchant.
  • Selesai! Tanpa perlu harus konfirmasi transaksi akan diproses oleh penjual.

Virtual Account dari Sudut Pandang Penjual/Merchant

  • Merchant memberitahu pembeli untuk melakukan pembayaran ke nomor VA yang spesifik untuk transaksi.
  • Setiap nomor VA akan dihubungkan kepada pembeli maupun ke dalam invoice.
  • Saat pembayaran diterima, akan ada notifikasi balik yang dikirim ke merchant, dimana merchant dapat langsung mengidentifikasi pembeli dari invoice bahwa pembayaran telah dilakukan pembeli.

Begitu efisien, cepat, dan mudahkan pembayaran menggunakan VA ini.

Metode pembayaran melalui VA merupakan pilihan yang tepat untuk bisnis/merchant yang menginginkan layanan cepat. Selain lebih mudah dan praktis, membayar transaksi melalui virtual account sangat terjamin keamanannya.

Virtual account membantu mengidentifikasi pembayaran secara mudah, karena masing-masing merchant mendapatkan nomor virtual account dari bank atau penyelenggara payment gateway. Winpay sebagai penyedia layanan payment gateway terbaik di Indonesia menyediakan layanan virtual account bank yang lengkap untuk bisnis atau merchant. Diantaranya VA BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, BSI, dll. Selengkapnya bisa dilihat laman Produk Winpay.

Payment gateway virtual account Winpay

9 Manfaat Virtual Account (VA) dalam Bisnis

Banyak pebisnis online/merchant berlomba-lomba memberikan kemudahan bagi pelanggan/konsumen dalam melakukan pembayaran. Manfaat VA sebagai alat pembayaran yang tepat bagi bisnis online sangat banyak.

1. Melayani berbagai jenis transaksi
Pembayaran menggunakan VA meningkatkan efektivitas yang lebih baik dibandingkan transfer manual rekening bank. Dengan virtual account transaksi dapat diintegrasikan dengan mudah ke berbagai platform, seperti aplikasi, website, marketplace, online shop, dll.

2. Dapat bertransaksi 24 jam kapanpun dimanapun
VA membuat transaksi dapat dilakukan sepanjang waktu atau 24 jam secara nonstop. Fleksibilitas ini membantu pembeli untuk melakukan pembayaran kapan saja, bahkan di luar jam operasional perbankan.

3. Mengurangi kebutuhan banyak akun bank
Pemilik bisnis tidak perlu memiliki akun disetiap bank demi mengakomodir bank yang dimiliki pelanggan/pembeli. Integrasi tunggal dengan payment gateway, pemilik bisnis dapat terhubung dengan berbagai bank di Indonesia.

4. Konfirmasi pembayaran secara otomatis
Setiap pembayaran yang dilakukan melalui akun virtual teridentifikasi langsung secara otomatis oleh sistem, sehingga tidak perlu repot meminta pelanggan melakukan konfirmasi manual dengan menunjukkan bukti transfer. Dengan VA, sistem secara langsung mengidentifikasi uang yang masuk ketika transaksi berhasil dilakukan.

5. Sistem pembayaran cashless
Virtual account adalah satu pembayaran cashless populer di Indonesia. Uang yang diterima dan catatan transaksi akan tersimpan dalam virtual account Anda secara aman dan teratur. Anda dapat melihat rekam jejak transaksi bisnis online Anda secara praktis.

6. Riwayat transaksi yang memudahkan pencatatan keuangan
VA adalah satu pembayaran cashless populer di Indonesia. Uang yang diterima dan catatan transaksi akan tersimpan dalam virtual account Anda secara aman dan teratur. Anda dapat melihat rekam jejak transaksi bisnis online Anda secara praktis.

7. Dapat digunakan sesuai kebutuhan
Dua jenis VA dapat digunakan sesuai kebutuhan pebisnis. Jenis static digunakan ketika bisnis Anda menginginkan nomor akun yang tetap untuk satu pelanggan dalam transaksi berulang kali. Jenis dynamic digunakan ketika Anda menginginkan nomor yang berubah-ubah setiap transaksi.

8. Kapasitas transaksi besar
VA mendukung transaksi dalam jumlah besar secara simultan tanpa khawatir gangguan sistem sehingga bisnis dapat menangani permintaan pelanggan dalam skala besar dengan cepat, akan, dan efisien.

9. Keamanan lebih terjamin
Apabila transaksi telah selesai, Anda bisa mengatur nomor virtual account menjadi kadaluarsa. Ini sebagai upaya pencegahan atas penyalahgunaan nomor tersebut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Virtual account menawarkan keamanan transaksi tingkat tinggi, yang diatur dan dilisensikan oleh lembaga keuangan Indonesia dan memiliki sertifikasi keamanan yang tinggi.

Keuntungan Virtual Account dalam Bisnis

1. Pembayaran secara real-time
Virtual account dapat mengirimkan uang secara real-time dimana transaksi pembayaran yang dilakukan dengan nomor VA akan diproses dengan cepat, sehingga tidak perlu menunggu berlama-lama untuk memastikan pembayaran diterima atau masuk. Notifikasi transaksi akan diterima secara realtime. Dana yang ditransfer pun bisa langsung masuk ke rekening pihak tujuan.

2. Identifikasi dengan nomor rekening unik
VA menggunakan nomor rekening unik yang mampu mengidentifikasi setiap transaksi yang sudah dibayar oleh pembeli secara otomatis. Virtual account meminimalisasi terjadinya human error atau kesalahan manusia selama proses transaksi berlangsung.

3. Efisiensi yang tinggi
VA membantu mengelola pembayaran bisnis online dengan efisien. Semua proses transaksi melalui virtual account dilakukan melalui gadget dengan penyediaan layanan yang sama dengan bank pada umumnya.

4. Pelanggan tidak wajib memiliki akun bank sama
Dengan akun virtual, pelanggan dapat melakukan transfer dari bank apa pun, baik melalui ATM, m-banking atau i-banking tanpa biaya tambahan.

5. Memudahkan pelanggan melakukan pembayaran
Virtual account mempunyai nomor ID yang unik sehingga pelanggan hanya perlu memasukkan nomor ID untuk melakukan transfer tanpa harus menuliskan atau mengingat nomor rekening bank. Bahkan, data pembayaran otomatis akan muncul sehingga pengguna tidak perlu repot memasukkan lagi. Hal ini secara tidak langsung mendorong semakin banyaknya transaksi bisnis.

6. Membangun kepercayaan pelanggan
Kemudahan dan keamanan dalam pembayaran dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Pelanggan tidak ada rasa was-was lagi. Payment gateway VA menciptakan transaksi yang aman dan nyaman, mendorong hubungan saling percaya antara penjual dan pembeli.

Cara Membuat Virtual Account untuk Bisnis/Merchant

Semakin mudah menerima pembayaran menggunakan VA melalui layanan payment gateway dengan integrasi yang mudah.

Winpay sebagai payment gateway terbaik di Indonesia telah terhubung dengan bank dan institusi keuangan untuk menerbitkan nomor VA sesuai pilihan pembayaran langsung di website, aplikasi, atau e-commerce bekerjasama dengan berbagai bank besar Indonesia, seperti: BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, Bank Syariah Indonesia, Bank Permata, Bank CIMB Niaga, Maybank, Bank Neo Commerce, Bank Sinarmas, dan Bank Muamalat.

Tak hanya mampu menerima pembayaran VA, dengan bergabung dengan Winpay bisnis online Anda dapat menerima lebih dari 25 metode pembayaran lainnya. Seperti e-wallet, QRIS, kartu kredit, pembayaran tunai melalui gerai retail (Alfamart Group, Indomaret, gerai Fastpay), payment link, checkout page dll.

Winpay memiliki ijin Bank Indonesia untuk layanan payment gateway di Indonesia menjadikan partner yang tepat untuk solusi bisnis online Anda.

Payment gateway Indonesia

Teguh Hartono
Latest posts by Teguh Hartono (see all)