Harbolnas: Apakah Harbolnas, Sejarah, dan Tips Harbolnas 2023

Harbolnas 2023

Harbolnas menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Event belanja online nasional jadi momentum banyak pihak.

Belanja online tidak lagi sekadar gaya hidup di era kenormalan baru, tapi juga alat pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang kerap dijadikan solusi dalam kondisi tertentu.

Pada event ini para pebisnis ritel offline dan online, marketplace, e-commerce dan merchant berlomba-lomba memberikan diskon kepada pelanggannya. Pesta diskon yang hanya berlangsung satu tahun sekali ini selalu mengalami peningkatan transaksi setiap tahunnya.

Harbolnas adalah momen ketika para e-commerce menawarkan beragam produk dengan diskon, sekaligus digunakan sebagai ajang promosi besar-besaran untuk publik yang pengen lebih untung dalam belanja.

Momen 12.12 ini seringkali dimanfaatkan oleh pelanggan untuk berburu berbagai barang secara online dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan. Banyak sekali brand yang mengadakan diskon besar-besaran sehingga menjadi kesempatan pelanggan untuk checkout produk incarannya.

Diskon adalah surganya orang yang suka belanja karena mereka bisa lebih hemat atau membeli barang lebih banyak dibandingkan saat nggak ada diskon, dan momen Harbolnas 12.12 menjadi pesta diskon yang hanya berlangsung satu tahun sekali ini selalu mengalami peningkatan transaksi setiap tahunnya.

Apakah Harbolnas Itu?

Harbolnas adalah Hari Belanja Online Nasional sebagai festival belanja yang rutin dilakukan setiap tahun di Indonesia pada 12 Desember. Perayaan Harbolnas pertama kali diadakan pada tanggal 12 Desember 2012, dengan tanggal cantik 12-12-12.

Perayaan tahunan Hari Belanja Online Nasional hingga kini sangat menarik banyak perhatian para masyarakat. Perayaan tersebut menghadirkan berbagai diskon besar-besaran dari berbagai e-commerce dan pelaku UMKM, yang pastinya menguntungkan banyak pihak.

Tren belanja online dari efek Harbolnas ini memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Karena, pelaksanaan Harbolnas melibatkan banyak pihak dari pebisnis online melalui berbagai media penjualan online, industri perbankan, logistik, telekomunikasi, industri fintech, dll.

Kemudahan dalam pembayaran ketika belanja online merupakan keuntungan bagi pelanggan dan juga pebisnis. Metode pembayaran yang bervariasi dapat menjadi pilihan bagi pembeli. Pembayaran cashless melalui QRIS menggunakan e-wallet atau virtual account memberikan kemudahan dan keamanan dalam proses belanja online.

Baca juga: Cashless Metode Pembayaran Aman dan Praktis

Sejarah Harbolnas
Harbolnas adalah momentum kebangkitan ekonomi digital Indonesia

Sejarah Harbolnas

Konsep Harbolnas menyerupai acara diskon tahunan besar-besaran yang diadakan di, Kanada, Jerman, Inggris, dan Jepang dengan sebutan Cyber Monday. Amerika Serikat memiliki Black Friday yang mulai di minggu ketiga di bulan November, sehari setelah perayaan Thanksgiving.

Pada Black Friday, banyak toko-toko yang memberikan potongan harga besar-besaran sehingga orang pun dengan antusias datang ke toko bahkan rela mengantre panjang untuk berbelanja. Bahkan, ada yang sampai melakukan cuci gudang dan menawarkan harga yang menarik pembeli.

Selain Black Friday dan Cyber Monday, ada juga Single Day 11.11 yang dimulai di China.

Serupa dengan Black Friday, Cyber Monday atau Single Day, Indonesia kemudian membuat Harbolnas yang diinisasi pada 12 Desember 2012 dicetuskan para e-commerce yang tergabung dalam Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA).

Tujuan diadakannya Harbolnas adalah untuk memperkenalkan belanja online ke masyarakat. Ketika Harbolnas pertama diadakan pada Desember 2012, popularitas e-commerce di Indonesia belum semasif saat ini. Masih banyak keraguan dari masyarakat untuk melakukan transaksi online.

Hari Belanja Online Nasional pertama diikuti oleh beberapa brand dan perusahaan besar e-commerce Indonesia, yaitu ​Berniaga, BHINNEKA, BLANJA, Blibli, Gramedia, Kaskus, Multiply, OLX.co.id, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Zalora, Blanja, PinkEmma, dan Berrybenka.

Selain mengedukasi masyarakat mengenai belanja online dengan segala keuntungan dan kemudahannya, perayaan ini juga bertujuan agar e-commerce dapat selalu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kegiatan ini terus dilakukan pada tahun berikutnya, pada 2013 menggandeng 22 e-commerce. Pada 2014, jumlahnya terus bertambah hingga 78 e-commerce. Hingga 2017, setidaknya ada 254 e-commerce yang terlibat dalam aksi Hari Belanja Online Nasional.

Pada 2020, ketika pandemi melanda, nilai transaksi Harbolnas mencapai angka fantastis mencapai Rp11,6 triliun. Angka tersebut lebih tinggi dari Harbolnas 2019 dengan nilai transaksi Rp9 triliun.

Nilai transaksi Harbolas 2021 bahkan mencapai Rp 18,1 triliun, naik sebesar 56% dibanding capaian di tahun 2020.

Di 2022, transaksi yang terjadi di Harbolnas selama 11 hingga 13 Desember mencapai Rp22.7 triliun. Produk lokal melalui para Usaha Kecil Menengah (UKM) menyumbang setengah dari pemasaran dengan total Rp10 triliun.

Pada Harbolnas 2022, daftar produk-produk yang paling diminati masyarakat antara lain: fashion & sport (81 persen), kosmetik (58 persen), personal care (40 persen), makanan dan minuman (39 persen), travel (38 persen), produk elektronik (33 persen), teknologi dan gadget (29 persen), bayar tagihan/top up (29 persen), kebutuhan sehari-hari (28 persen), buku dan alat tulis (19 persen), dan hiburan (8 persen).

Nilai transaksi yang fantastis ini menandakan keberlanjutan Harbolnas yang masih memegang kunci penting penyelenggaraan festival berbelanja di Indonesia.

Tak cukup dengan agenda tahunan Hari Belanja Online Nasional, sejumlah e-commerce mulai mengadakan Harbolnas sejak bulan September pada 9.9, sementara beberapa e-commerce lainnya malah mengadakan Harbolnas setiap bulannya dengan mengambil waktu yang unik seperti 6.6, 7.7, dst menyesuaikan tanggal dan bulan yang sama.

Harbolnas 2023

Semua penawaran berupa diskon besar-besaran kembali hadir di Harbolnas 2023 pada 10-12 Desember 2023. Jangan lewatkan kesempatan ini dengan adanya diskon hingga 70% dari merchant-merchant dan brand melalui marketplace atau e-commerce.

Harbolnas 2023 berfokus pada pelaku usaha yang menawarkan produk lokal berkualitas dan mendorong pertumbuhan produk lokal dalam komunitas e-commerce juga menjadi kesempatan emas bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasarnya.

Tips Harbolnas
Tips ikut Harbolnas agar dapat untung yang besar dan budget rendah

7 Tips Harbolnas 2023

Sebelum memulai belanja online pada perayaan 12.12, perlu disiapkan beberapa hal mengingat acara tahunan ini memberikan godaan karena promo-promo yang dihadirkan oleh merchant. Alih-alih kamu berhemat malah justru boros karena kalap belanja.

1. Buat anggaran belanja
Banyaknya diskon dan promo besar-besaran yang ditawarkan berbagai merchant, berpotensi bikin kamu jadi konsumtif. Menentukan budget adalah tindakan tepat yang harus dilakukan. Siapkan anggaran untuk membeli produk yang kamu butuhkan. Pertimbangkan kembali, apakah uang yang kamu keluarkan sebanding dengan value produk yang kamu harapkan.

2. Membuat daftar belanja
Membuat daftar produk yang ingin dibeli sangat penting saat akan berbelanja. Hal ini akan membuat kamu lebih terarah dalam mengeluarkan uang, serta menghindari pembelian yang tidak perlu.

3. Riset produk dan banding harga
Sebelum membeli, kenali terlebih dahulu produk yang ingin kamu beli saat Hari Belanja Online Nasional. Riset brand incaranmu dan penjualnya. Jika dibutuhkan, kamu dapat datangi toko fisiknya untuk memastikan harga dan kualitas produknya.

4. Pertimbangan cara pembayaran
Belanja online memiliki berbagai pilihan cara pembayaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu dengan mudah, cepat, efisien, dan aman. Kamu dapat melakukan pembayaran dengan QRIS, virtual account, kartu debit/kredit, transfer bank, e-wallet, COD (cash on delivery), hingga paylater.

5. Mempersiapkan data dengan tepat
Pastikan data diri kamu sebagai pelanggan sudah tepat, seperti alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya telah terisi dengan benar sebelum pembayaran dilakukan.

6. Cermati hak sebagai pembeli
Perhatikan aturan atau syarat ketentuan saat akan membeli produk yang diinginkan. Jangan sampai sejumlah rangkaian kata-kata yang tidak dibaca dengan saksama membuat kamu tertipu atas tawaran yang menggiurkan.

Selalu lihat penjelasan promo produk sebelum benar-benar membelinya. Produk apapun kecuali makanan/minuman umumnya memiliki garansi. Perhatikan durasi garansi yang diberikan.

7. Memiliki rencana cadangan
Rencana cadangan sangat diperlukan ketika kamu hendak berbelanja suatu produk yang diincar, namun produk yang diinginkan telah habis terjual. Dengan demikian kamu memiliki sesuatu untuk dibeli jika pilihan pertama Anda tidak berhasil didapatkan karena beberapa alasan.

Jangan lakukan panic buying hanya karena tawaran diskon besar-besaran yang ditawarkan karena dapat membuat kamu berpotensi membeli sesuatu yang disesali nantinya.

Keuntungan Harbolnas Bagi Pemilik Bisnis

1. Meningkatkan traffic usaha online
Apapun jenis usaha online yang Anda jalani, partisipasi dalam Harbolnas akan ada lebih banyak pengunjung yang datang meski hanya untuk sekadar mengecek produk dan diskon. Bisnis online kamu pun akan mendapatkan traffic yang lebih tinggi daripada hari-hari biasanya.

Dengan jumlah traffic yang besar, kamu bisa meningkatkan visibilitas bisnis secara online. Bahkan, dapat membangun brand awareness yang lebih baik. Gunakan channel digital marketing untuk meningkatkan brand semakin luas.

Jangan lupa hal terpenting bagi pemilik bisnis adalah melakukan update merchant online Anda dengan menambahkan banner khusus Harbolnas pada halaman awal website/aplikasi/e-commerce, membuat konten atau feed khusus pada media sosial, dan memperbarui banner toko di marketplace.

2. Menambah jumlah penjualan
Orang ikut Hari Belanja Online Nasional pasti mengharapkan diskon, harga murah. Dengan mengadakan promo khusus selama Harbolnas, kamu juga bisa meningkatkan jumlah penjualan usaha. Dibandingkan dengan penjualan hari biasa, tentu jumlah penjualan toko online kamu akan jauh lebih besar hingga berkali-kali lipat.

Harbolnas bisa menjadi cara efektif untuk kamu menjual produk-produk edisi lama atau musim sebelumnya yang belum laku dengan memberikan diskon besar-besaran.

3. Meningkatkan pendapatan bisnis
Banyak usaha berlomba-lomba untuk memberikan penawaran spesial kepada pelanggan pada Hari Belanja Online Nasional, sehingga dapat memperoleh lebih banyak keuntungan bisnis. Produk yang kamu tawarkan dengan diskon bisa tetap memberikan keuntungan, namun jangan sampai mengalami kerugian karena tidak memperhitungkan diskon yang ditawarkan pada pelanggan.

4. Mendapatkan pelanggan baru
Keuntungan lain dari berpartisipasi dalam event Harbolnas adalah bisnis kamu bisa menarik lebih banyak pelanggan baru. Dari traffic pelanggan yang datang dapat dikonversi menjadi jumlah penjualan dari potongan harga spesial, promo gratis ongkir, atau cashback, merchant online milikmu akan segera diserbu pelanggan.

5. Mengakuisisi pelanggan yang sudah ada
Melalui event Hari Belanja Online Nasional ini membantu mengakuisisi pelanggan yang sudah ada dan bisa mendapatkan kembali pelanggan lama dengan tawaran-tawaran yang kamu berikan.

Strategi repeat order bisa kamu dapatkan dengan mengirimkan informasi penawaran melalui chat, email, media sosial, dan saluran pemasaran lain kepada pelanggan yang sudah ada dan pelanggan lama, potensi mereka untuk berbelanja kembali akan jauh lebih besar.

Harbolnas ini menjadi acara tahunan yang harus dijadikan momentum kebangkitan ekonomi digital masyarakat terutama pengusaha kecil menengah dan menaikkan produk lokal ke level yang lebih tinggi.

Peran Fintech dalam Harbolnas

Perayaan Hari Belanja Online Nasional didukung sejumlah mitra dari industri perbankan, logistik, telekomunikasi. Industri fintech non perbankan juga mendukung perayaan Harbolnas hingga sekarang. Komponen pebisnis online, marketplace, platform e-commerce, platform aplikasi, dll bersinergi dalam perkembangan dunia e-commerce di Indonesia.

Salah satu peran fintech dalam hal ini baik perbankan dan non perbankan adalah menyediakan metode pembayaran yang beragam dan mudah bagi pebisnis online dan pelanggan.

Pilihan pembayaran yang mudah, efisien, dan aman menjadi salah satu faktor penting dalam belanja online. Tanpa perlu ribet pembayaran bisa dilakukan dimana saja kapan saja menggunakan internet banking atau mobile banking.

Metode pembayaran populer dalam Hari Belanja Online Nasional yang banyak digunakan adalah cashless melalui QRIS, e-wallet, dan virtual account.

Agar bisnis Anda dapat mendukung pembayaran di atas, solusi pembayaran mudah dapat diperoles melalui layanan payment gateway. Winpay sebagai salah satu payment gateway terbaik di Indonesia menyediakan 25 metode pembayaran yang sesuai dengan bisnis Anda.
______

Tentang Winpay Indonesia

Winpay Payment Gateway Indonesia adalah solusi pembayaran yang dapat diandalkan, aman, dan lengkap untuk bisnis online Anda. Dengan lebih dari 25 pilihan metode pembayaran, akan membuat bisnis Anda menjadi lebih maju dan memudahkan pelanggan melakukan pembayaran.

Layanan Winpay Payment Gateway, dapat menerima pembayaran menggunakan:

  • Virtual account 11 bank siap melengkapi pembayaran Anda.
  • E-wallet dan QRIS, menerima pembayaran menggunakan e-money dan e-wallet, seperti: Gopay, DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, dan jaringan bank.
  • Jaringan kartu kredit dan kartu debit Visa dan MasterCard.
  • Gerai minimarket modern melalui jaringan Indomaret, Alfamart Group, dan Fastpay

Winpay mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Layanan Payment Gateway No. 23/560/DKSP/Srt/B sebagai PSJP Kategori 1, dengan ijin Penerbit Uang Elektronik, Penyelenggara Payment Gateway, Penyelenggara Transfer Dana untuk PT Bimasakti Multi Sinergi

Payment gateway Indonesia

Teguh Hartono
Latest posts by Teguh Hartono (see all)