9 Jenis Emoney Bayar Tol

Jenis emoney untuk bayar tol

Jenis emoney untuk bayar tol apa saja yang berlaku di Indonesia? Semua gerbang tol di Indonesia wajib menggunakan emoney untuk pembayaran. Jenis emoney untuk bayar tol di Indonesia yang berlaku apa saja?

Uang elektronik atau e-money berfungsi layaknya uang pada umumnya. Uang elektronik atau emoney berbasis kartu menjadi instrumen wajib untuk pembayaran bagi semua pengguna jalan tol di Indonesia. Di dalamnya menyimpan uang yang ditop up secara elektronik melalui mobile banking, ATM penerbit, atau melalui mesin EDC. Cara menggunakannya hanya disentuh atau tapping di mesin gerbang tol.

Ketika kartu berhasil digunakan untuk membayar, saldo dalam kartu e-money secara otomatis berkurang. Jadi pastikan salto kartu tol atau e-toll kamu selalu tersedia sebelum menggunakan jalan tol. Bila saldo kartu tol kamu kurang, akan menghambat ketika di gerbang tol dan harus top up dulu di sana.

Berkaitan dengan saldo dalam uang elektronik berbentuk kartu, maksimal saldo tersimpan dalam e-money sebesar Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah) per kartu dengan maksimal total saldo dalam satu bulan mencapai Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah). Jadi, jika kamu telah mencapai batas akumulasi top up, silakan tunggu bulan berikutnya untuk dapat melakukan top up lagi.

Ada 9 jenis emoney untuk bayar tol, jadi pilihannya lebih banyak sesuai pilihan. Kamu bisa pilih kartu tol e-money berikut: E-Toll Card, e-mOney Mandiri, BRIZZI BRI, Flazz BCA, TapCash BNI, Blink BTN, Indomaret Card, GazCard, dan JakCard.

Dan berbeda dengan e-wallet yang menggunakan smartphone, emoney yang berbentuk kartu mempunyai banyak jenis yang dapat menjadi pilihan, terutama sebagai instrumen pembayaran tol.

Baca juga: Beda E-Money dan E-Wallet, Jangan Sampai Salah

9 Jenis E-Money untuk Bayar Tol

1. e-mOney Mandiri

e-mOney Mandiri adalah uang elektronik berbentuk kartu yang banyak beredar di Indonesia, yang secara khusus diterbitkan oleh Bank Mandiri untuk pembayaran tol di Indonesia. Tidak itu saja, e-mOney Mandiri juga bisa untuk membayar BBM di SPBU, Transjakarta, Transjogja, Commuter Line, MRT Jakarta, LRT Jakarta, tempat parkir, Merchant (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain).

e-money Mandiri

Kartu tol e-mOney Mandiri punya ciri khusus ada logo “e-mOney” di kartu, dapat diperoleh di cabang-cabang Bank Mandiri, merchant retail seperti: Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, Circle-K, 7-Eleven, dll. Uniknya lagi, kartu tol e-mOney Mandiri dapat dipesan dengan desain yang unik bahkan dapat menjadi ID card karyawan sekaligus bisa buat bayar-bayar.

Melakukan top up e-mOney Mandiri sangatlah mudah, bisa menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri sekaligus bisa update saldo melalui smartphone yang punya fitur NFC. Atau kamu bisa top up e-mOney Mandiri melalui mesin ATM Mandiri, teller Bank Mandiri, mesin EDC, aplikasi marketplace, gerai minimarket, atau agen-agen PPOB yang menerima top up e-mOney Mandiri.

Batas saldo tersimpan dalam e-mOney Mandiri sebesar Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah) per kartu dengan maksimal total saldo dalam satu bulan mencapai Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah).

2. E-Toll Card

E-Toll Card adalah uang elektronik yang banyak dipakai pengguna tol, dirilis oleh Jasa Marga bekerjasama dengan Bank Mandiri. Pembayaran tol dengan cara tapping atau sentuh ke mesin reader di gerbang tol. Semua gerbang tol di Indonesia menerima pembayaran menggunakan E-Toll Card ini.

E-Toll Card selain untuk pembayaran tol juga bisa untuk berbelanja di gerai minimarket dan supermarket, bayar parkir, Transjakarta, hingga Mass Rapid Transit (MRT).

E-Toll Card Jasa Marga - Mandiri

Untuk melakukan top up saldo E-Toll Card, kamu bisa melalui ATM Mandiri, Livin’ Mandiri, aplikasi marketplace, gerai minimarket menggunakan mesin EDC, atau agen-agen PPOB yang menerima top up E-toll Card.

Sama seperti e-mOney Mandiri, batas saldo maksimal dalam kartu E-Toll Card Rp2.000.000,00 dan maksimal total saldo dalam satu bulan Rp20.000.000,00.

3. Flazz BCA

Flazz BCA juga sangat dikenal sebagai alat pembayaran tol dan mempunyai pengguna yang banyak, secara khusus diterbitkan oleh Bank Central Asia (BCA). Flazz BCA mempunyai masa berlaku 10 tahun sejak transaksi terakhir dilakukan, berbeda dengan kartu e-money lain yang dapat berlaku selamanya.

Flazz BCA ini ada dua jenis kartu, kartu Flazz reguler dengan beragam desain menarik yang dikeluarkan BCA dan kartu dengan desain khusus sesuai pilihan yang dapat dijadikan sebagai hadiah atau souvenir.

BCA Flazz

Selain untuk bayar tol, Flazz BCA juga dapat digunakan untuk membayar di SPBU, belanja di merchant-merchant ritel di mall bertanda Flazz BCA, tiket MRT, LRT, Commuter Line, TransJakarta, hingga untuk membayar parkir.

Top up saldo Flazz BCA dapat dilakukan melalui aplikasi myBCA dengan fitur NFC, BCA Mobile, ATM BCA, EDC BCA melalui teller, atau melalui agen PPOB. Maksimum saldo yang tersimpan di kartu adalah Rp 2 juta dengan limit transaksi top up Flazz di BCA mobile sebesar Rp 2.000.000 per hari dan total saldo dalam satu bulan Rp 20 juta.

4. BRIZZI BRI

Uang elektronik berbentuk kartu yang dikeluarkan BRI ini berdasarkan dengan teknologi chip. BRI BRIZZI punya batasan maksimal saldo Rp2.000.000,00 per kartu dan total saldo satu bulan Rp20.000.000,00. Uniknya lagi dari kartu BRIZZI ini bisa dipesan secara custom dengan desain berbeda dari kartu reguler.

BRIZZI BRI

Secara fungsi selain untuk membayar tol, BRIZZI juga bisa untuk bayar parkir, bayar disejumlah restoran dan tempat makan serta pembelian produk dan layanan di merchant-merchant yang bekerjasama dengan BRI.

Top up saldo BRIZZI dapat dilakukan melalui aplikasi BRImo, ATM BRI, EDC BRI via teller atau agen BRILink, gerai minimarket, dan agen-agen PPOB.

5. TapCash BNI

BNI juga mengeluarkan e-money bernama TapCash untuk keperluan bayar tol. Untuk mendapatkan kartu TapCash BNI, kamu bisa peroleh di kantor cabang BNI, minimarket Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Circle K, vending machine di stasiun MRT, LRT, CommuterLine, official store di e-commerce (Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak), dll.

BNI TapCash

Selain pembayaran tol, kartu ini juga bisa digunakan untuk belanja di minimarket (Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Circle K, Lawson), bayar tiket transportasi (Commuterline, TransJakarta, MRT, LRT, Railink, Trans Semarang, Trans Jogja), bayar parkir (mall, bandara, stasiun, perkantoran), bayar tiket bioskop di CGV, penyeberangan ferry ASDP, lifestyle (Hokben, Marugame Udon, dll), tempat-tempat wisata, dan merchant-merchant yang bekerjasama dengan BNI.

Top up saldo TapCash BNI dapat dilakukan di ATM tunai dan non tunai BNI, mesin EDC di kantor cabang BNI atau merchant BNI, SMS banking. internet banking, mobile banking, platform e-commerce dan e-wallet, minimarket (Indomaret, Alfamart, Circle K), atau agen PPOB.

Saldo dalam kartu TapCash BNI punya batasan maksimal Rp2.000.000,00 per kartu, maksimal transaksi Rp 2 juta per hari, dan total saldo satu bulan Rp20.000.000,00.

6. Blink BTN

Blink adalah kartu e-money hasil kerja sama antara BTN (Bank Tabungan Negara) dengan Bank Mandiri. Kartu ini fungsinya sama dengan e-money lain seperti e-mOney Mandiri.

BTN Blink

Blink dapat digunakan untuk pembayaran tol, bayar parkir, transportasi MRT, Commuterline, bayar di SPBU, belanja barang dan tempat-tempat yang mendukung fasilitas Mandiri e-mOney.

Untuk melakukan top up saldo Blink BTN sama dengan kartu e-money E-Toll Card dan e-mOney Mandiri karena ketiga kartu ini keluaran Bank Mandiri. Untuk nominal maksimal saldo dan total saldo per bulan pun juga sama.

7. Indomaret Card

Indomaret menerbitkan kartu e-money khusus bagi anggota atau konsumen yang ingin mendapatkan poin ketika berbelanja. Indomaret menggandeng Bank Mandiri untuk Indomaret Card berlogo e-mOney, sehingga secara fungsi kegunaan, cara top up, hingga batas saldonya sama dengan kartu e-mOney Mandiri.

Indomaret Card

Cara mendapatkan Indomaret Card bisa melalui lebih dari 22.077 minimarket Indomaret yang tersebar di Indonesia.

8. GazCard

GazCard adalah kartu emoney hasil kerjasama antara Pertamina dengan Bank Mandiri yang dapat digunakan untuk bayar tol. GazCard lebih dikhususkan untuk pembayaran bahan bakar di SPBU Pertamina.

Penggunaan lain GazCard bertanda e-mOney sama seperti e-mOney Mandiri, seperti bayar tiket transportasi Transjakarta, Commuter Line, MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan merchant lain yang bekerjasama dengan Bank Mandiri.

GazCard Pertamina - Mandiri

Untuk melakukan top up saldo GazCard sama dengan kartu emoney keluaran Bank Mandiri. Sedangkan saldo dalam kartu GazCard punya batasan maksimal Rp2.000.000,00 per kartu, maksimal transaksi Rp 2 juta per hari, dan total saldo satu bulan Rp20.000.000,00.

9. JakCard

JakCard adalah kartu e-money yang bisa untuk bayar tol yang dikeluarkan oleh Bank DKI. Top up saldo dan update saldo JakCard bisa melalui aplikasi JakOne Mobile atau kantor cabang Bank DKI.

Sama seperti kartu emoney yang lain, JakCard punya batasan maksimal saldo Rp2.000.000,00 per kartu dan total saldo satu bulan Rp20.000.000,00.

JakCard

Sebanyak 18 Gerbang Tol (GT) dapat dibayarkan menggunakan JakCard seperti, ruas tol Jakarta-Tangerang, 12 GT ruas tol Soedijatmo, 17 GT ruas JORR E1, E2, E3, 6 GT ruas JORR W2S dan Pondok Aren–Ulujami, 15 GT ruas JORR S, 7 GT JORR W1, dan 9 GT JORR W2U, Gerbang Tol dalam kota (Cawang-Tomang-Pluit) seperti Gerbang Tol (GT) Cililitan, Halim, Cawang, Tebet 1 & 2, Kuningan 1& 2, Semanggi 1 & 2, Senayan, Pejompongan, Slipi 1 & 2, Jelambar 1 & 2, Tanjung Duren, Tomang dan Angke 1 & 2.

Nah, kini sudah tahu kan jenis emoney yang bisa digunakan untuk bayar tol dan banyak lagi kegunaan emoney berbentuk kartu ini.

E-money sebagai salah satu instrumen pembayaran memang berbeda dengan dompet digital atau e-wallet. Sama-sama untuk pembayaran yang sifatnya cashless alias tidak perlu bawa uang tunai.

Baca juga: Cashless Metode Pembayaran Populer di Indonesia

Dengan berwujud kartu, emoney ini tidak membutuhkan internet ketika melakukan pembayaran. Hanya menggunakan mesin EDC atau tap machine.

Kamu dapat memilih emoney yang kamu sukai dan tentunya yang mudah dalam pengisian saldo dan jaringan yang luas sebagai alat pembayaran.

Bisnis online dapat menggunakan metode cashless untuk mempermudah pelanggan dalam membayar dengan pilihan metode pembayaran yang beragam. Hal ini dapat dipenuhi oleh payment gateway yang menyediakan banyak metode pembayaran dengan integrasi yang mudah.

Winpay selaku payment aggregator dapat membantu bisnis online dalam menyediakan berbagai macam metode pembayaran.

Tentang Winpay Indonesia

Winpay Payment Gateway Indonesia adalah solusi pembayaran yang dapat diandalkan, aman, dan lengkap untuk bisnis online Anda. Lebih dari 25 pilihan metode pembayaran, akan membuat bisnis Anda menjadi lebih maju dan memudahkan pelanggan melakukan pembayaran.

Layanan Winpay Payment Gateway, dapat menerima pembayaran menggunakan:

  • Virtual account 11 bank siap melengkapi pembayaran Anda.
  • E-wallet dan QRIS, menerima pembayaran melalui QRIS menggunakan e-money dan e-wallet, seperti: Gopay, DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, dan jaringan bank.
  • Jaringan kartu kredit dan kartu debit Visa dan MasterCard.
  • Gerai minimarket modern melalui jaringan Indomaret, Alfamart Group, dan Fastpay
  • Winpay mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Layanan Payment Gateway No. 23/560/DKSP/Srt/B sebagai PSJP Kategori 1, dengan ijin Penerbit Uang Elektronik, Penyelenggara Payment Gateway, Penyelenggara Transfer Dana untuk PT Bimasakti Multi Sinergi.

Payment gateway Indonesia

Teguh Hartono
Latest posts by Teguh Hartono (see all)