Manfaat Payment Gateway untuk Bisnis

Manfaat payment gateway untuk bisnis

Manfaat payment gateway dalam dunia bisnis online sangat besar untuk merchant dan pelanggan. Payment gateway memberikan solusi pembayaran yang aman, mudah, efisien, dan murah.

Bisnis online di Indonesia terus tumbuh seiring dengan berubahnya gaya hidup masyarakat dalam melakukan belanja dalam 10 tahun terakhir. Tumbuhnya penetrasi internet dan media sosial dalam masyarakat Indonesia membuat keberadaan e-commerce atau perdagangan secara elektronik meningkat pesat.

Harbolnas yang pertama kali muncul pada 2012 menandai pergeseran masyarakat Indonesia dalam berbelanja, dari konvensional menuju belanja online melalui marketplate, e-commerce, online shop, online travel agent, dll. Semuanya dapat dilakukan kapanpun dimanapun dengan mudah dan cepat.

Dengan semakin berkembangnya teknologi pembayaran yaitu adanya payment gateway yang menjembatani pembayaran dari merchant dengan pelanggan, membuat industri e-commerce semakin pesat. Payment gateway memberikan berbagai jenis pembayaran yang mudah bagi merchant dan pelanggan.

Cara kerja payment gateway sangat sederhana dalam memproses pembayaran pelanggan ke merchant melalui website atau aplikasi. Semua proses dilakukan dalam hitungan detik saja.

Cara kerja payment gateway
Cara kerja payment gateway

Pertama, ketika pelanggan melakukan checkout dan memilih metode pembayaran yang disukai, sistem dari merchant meneruskan informasi data pembayaran ke pemroses pembayaran dari payment gateway

Kedua, pemrosesan pembayaran dari payment gateway diteruskan ke penerbit pembayaran, misalkan virtual account ke bank penerbit, atau QRIS diteruskan ke penerbit e-wallet yang digunakan, kartu kredit diteruskan ke penerbit kartu seperti MasterCard dan Visa, dll.

Ketiga, institusi penerbit seperti bank, penerbit kartu, atau fintech terkait akan menerima permintaan dan mengirimkan balasan dengan kode khusus, serta memberikan informasi keberhasilan transaksi.

Keempat, payment gateway menerima pesan pembayaran berhasil dan diteruskan ke merchant dan pembeli bahwa transaksi dinyatakan berhasil.

Dalam bisnis online, payment gateway memberikan banyak manfaat terutama dalam mempermudah transaksi pembayaran dengan aman dan efisien.

Manfaat Payment Gateway

1. Pilihan pembayaran beragam

Manfaat payment gateway yang pertama adalah tersedianya banyak metode pembayaran seperti virtual account, e-wallet, QRIS, kartu kredit/debit, gerai minimarket, payment link, checkout page, dll. Bagi pelanggan hal ini sangat memudahkan dalam membayar sesuai kemampuan yang dimiliki. Terlebih, jaman sekarang pembayaran secara cashless (virtual accoung, e-wallet, QRIS, kartu kredit) menjadi tren di masyarakat Indonesia dalam berbelanja online.

2. Tidak perlu punya banyak rekening

Manfaat payment gateway bagi merchant adalah tidak perlu banyak rekening bank yang harus disediakan untuk akomodir kebutuhan pelanggan. Cukup memiliki satu rekening saja dan terintegrasi ke layanan payment gateway, merchant atau pemilik bisnis dapat menerima dana dari pelanggan yang memiliki rekening bank yang berbeda atau sumber dananya, seperti kartu kredit, e-wallet, uang elektronik, dll.

Baca juga: Virtual Account, Cara Kerja, Manfaat dan Keuntungannya

Bagi pelanggan, dengan adanya payment gateway dapat memilih jenis alat pembayaran yang dimiliki seperti e-wallet, QRIS, virtual account, kartu kredit/debit, gerai minimarket, dll. Sehingga, pembayaran jadi lebih efisien, mudah, dan cepat.

3. Keamanan transaksi

Payment gateway memberikan solusi pembayaran dengan aman baik bagi merchant atau pelanggan, menggunakan enkripsi dan keamanan tingkat tinggi. Semua transaksi pembayaran di payment gateway Winpay dijamin keamanannya dengan dienkripsi menggunakan 256-bit Advanced Encryption Standard (AES-256), SHA256withRSA, sertifikat PCI-DSS, ijin dari Bank Indonesia, dan menerapkan fraud detection system.

Terkait keamanan bagi pelanggan, dapat secara mandiri menjaga keamanan akun dan data pribadi masing-masing. Terlebih, kejahatan siber banyak modus dan bentuknya.

Baca juga: Tips dari Serangan Siber dan Keamanan Akun

4. Transaksi cepat

Dengan menggunakan payment gateway, semua tahapan transaksi berjalan menjadi lebih cepat dan otomatis. Sudah tidak waktunya lagi pembayaran secara konvensional melalui transfer di teller bank bahkan menggunakan mesin ATM.

Payment gateway menjamin proses transaksi hanya dalam hitungan detik saja, karena melalui payment gateway merchant terintegrasi langsung ke bank, asosiasi penerbit, payment aggregator, dan fintech pembayaran, sehingga memangkas waktu pembayaran.

5. Meningkatkan penjualan

Manfaat payment gateway selain memberikan cara pembayaran yang beragam, juga membuat pelanggan dapat memilih pembayaran yang mereka sukai karena kemudahannya, efisien, dan aman.

Experience pelanggan yang merasakan kemudahan dalam pembayaran akan membuat mereka akan terus melakukan pembelian atau transaksi di merchant kamu. Pastinya penjualan dan revenue menjadi meningkat.

6. Adanya pembayaran cashless

Payment gateway menyediakan cara pembayaran cashless atau tanpa uang tunai. Pembayaran cashless menjadi tren masyarakat Indonesia, seperti virtual account, dompet digital atau e-wallet (DANA, OVO, Gopay, Shopeepay, Speedcash, LinkAja, dll), QRIS, uang elektronik (berbentuk kartu), dan kartu kredit/debit.

Dengan jumlah pengguna dompet digital mencapai lebih dari 40,05 juta dan jumlah merchant mencapai 28,38 juta, transaksi ekonomi dan pembayaran digital turut didukung oleh sistem pembayaran yang aman, lancar, dan efisien bagi merchant dan juga pelanggan.

7. Laporan pembayaran yang mudah

Payment gateway menyediakan laporan keuangan secara real-time dari pembayaran pelanggan secara otomatis, sehingga tidak perlu membuat rekap laporan secara manual.

8. Transaksi cepat dan hemat biaya

Manfaat payment gateway membantu menekan pengeluaran bisnis kamu dengan biaya transaksi yang rendah, menghemat waktu karena tahapan transaksi berjalan lebih cepat dan otomatis dalam hitungan detik saja. Adanya payment gateway memangkas waktu dan biaya operasional karena payment gateway terintegrasi langsung ke bank, asosiasi penerbit, payment aggregator, dan fintech pembayaran.

Dengan memanfaatkan dan mengintegrasikan payment getaway ke dalam bisnis akan memberikan pengalaman berbelanja yang lancar, mudah, efisian, dan aman kepada pelanggan, serta dapat memperluas jangkauan secara global.

Winpay adalah payment gateway yang membantu solusi pembayaran bagi merchant untuk mempermudah pembayaran pelanggannya. Winpay juga memberikan dukungan teknis terkait integrasi dan permasalahan yang dihadapi oleh merchant dan bisnis.

Tentang Winpay Indonesia

Winpay Payment Gateway Indonesia adalah solusi pembayaran yang dapat diandalkan, aman, dan lengkap untuk bisnis online Anda. Lebih dari 25 pilihan metode pembayaran, akan membuat bisnis Anda menjadi lebih maju dan memudahkan pelanggan melakukan pembayaran.

Layanan Winpay Payment Gateway, dapat menerima pembayaran menggunakan:

  • Virtual account 11 bank siap melengkapi pembayaran Anda.
  • E-wallet dan QRIS, menerima pembayaran melalui QRIS menggunakan e-money dan e-wallet, seperti: Gopay, DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, dan jaringan bank.
  • Jaringan kartu kredit dan kartu debit Visa dan MasterCard.
  • Gerai minimarket modern melalui jaringan Indomaret, Alfamart Group, dan Fastpay
  • Winpay mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Layanan Payment Gateway No. 23/560/DKSP/Srt/B sebagai PSJP Kategori 1, dengan ijin Penerbit Uang Elektronik, Penyelenggara Payment Gateway, Penyelenggara Transfer Dana untuk PT Bimasakti Multi Sinergi.

Payment gateway Indonesia

Teguh Hartono
Latest posts by Teguh Hartono (see all)