Payment gateway menjadi teknologi penting menjembatani pebisnis online dengan pelanggan dalam hal pembayaran. Payment gateway menyediakan opsi metode pembayaran untuk kemudahan pebisnis dan pembeli.
Pesatnya pertumbuhan e-commerce Indonesia dalam 11 tahun terakhir membuat perekonomian digital Indonesia meningkat. Diawali dengan Harbolnas pada Desember 2012 menjadi tonggak pertumbuhan e-commerce dan belanja online pada masyarakat Indonesia.
Belanja online tidak lagi sekadar gaya hidup di era new normal, tapi juga alat pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang kerap dijadikan solusi dalam kondisi tertentu. Berbagai jenis barang dan kebutuhan bisa didapat dengan cara online berkat adanya ekosistem dalam perdagangan elektronik.
Sepanjang tahun 2023, nilai transaksi e-commerce Indonesia menembus angka Rp453,75 triliun, meskipun nilai transaksi tersebut lebih rendah dibandingkan dengan target Bank Indonesia yang ditetapkan sebesar Rp474 triliun, juga lebih rendah dibandingkan dengan realisasi pada 2022 sebesar Rp476,3 triliun.
Volume transaksi e-commerce Indonesia 2023 mencapai 3,71 miliar transaksi dimana pencapaian transaksi 2023 masih lebih tinggi dibandingkan pencapaian 2022 yang mencapai 3,49 miliar transaksi. Secara tren kenaikan transaksi e-commerce di Indonesia karena memang meningkat terus karena memang adanya perubahan behavior daripada masyarakat dalam hal belanja online.
Dengan semakin tumbuhnya e-commerce di Indonesia membuat perekonomian digital Indonesia meningkat pesat. Rintisan bisnis online tumbuh dengan memanfaatkan teknologi yang ada.
Dari sekian teknologi yang meningkat dalam industri e-commerce, salah satu teknologi yang dibutuhkan pebisnis online dan industri e-commerce adalah payment gateway. Peran payment gateway begitu penting dalam memberikan banyak hal bagi industri bisnis online.
Baca juga: Bisnis Online yang Membutuhkan Payment Gateway
Payment gateway hadir juga tanpa alasan, kehadiran payment gateway di pasar Indonesia menjadi angin segar bagi pelanggan dan pedagang karena menawarkan kemudahan untuk memproses pembayaran secara non tunai, baik itu yang menggunakan kartu maupun secara online.
Setidaknya ada sembilan manfaat yang bisa dirasakan oleh pebisnis online dan pelanggan ketika mereka menggunakan layanan payment gateway sebagai dukungan sistem pembayaran non tunai, yaitu:
- Memperbanyak pilihan metode pembayaran online dan offline bagi pebisnis online dan pembeli.
- Merchant dan pelanggan tidak perlu punya banyak rekening yang ribet dalam manajemen keuangan.
- Dapat menerima metode pembayaran cashless menggunakan: virtual account, QRIS, e-wallet, e-money.
- Adanya payment link bagi bisnis online tanpa kemampuan teknik dengan beragam metode pembayaran.
- Hemat biaya dan menekan pengeluaran dengan biaya transaksi yang rendah tanpa biaya tambahan atau biaya bulanan.
- Keamanan tinggi yang menjamin transaksi berjalan lancar dengan enkripsi yang rumit.
- Proses transaksi lebih cepat dan dapat memproses banyak transaksi secara bersamaan hanya dalam hitungan detik saja.
- Tersedia laporan pembayaran secara otomatis dan real-time bagi merchant.
- Menjangkau pelanggan lebih luas dengan pengalaman berbelanja yang mudah, lancar, efisien, dan aman.
Baca juga: Manfaat Payment Gateway Untuk Bisnis
Peningkatan transaksi e-commerce Indonesia ini juga didukung pada teknologi digital, teknologi pembayaran, perubahan bisnis, dan gaya hidup masyarakat dalam hal belanja online.
Gaya hidup masyarakat Indonesia telah beralih menjadi cashless society dimana mayoritas dalam transaksi online menggunakan pembayaran cashless. Tercatat nilai transaksi cashless di tahun 2023 mencapai Rp160,47 triliun dengan 40,05 juta diantaranya menggunakan dompet digital atau e-wallet di 28,38 juta merchant.
Penggunaan cashless sendiri dalam pembayaran transaksi online didominasi oleh virtual account, QRIS, e-wallet, dan e-money.
Baca juga: Cashless Metode Pembayaran Populer di Indonesia
Selain itu, bisnis online konvensional telah beralih ke digital seluruhnya, termasuk didalamnya pembayaran dengan berbagai jenis metode pembayaran untuk kemudahan pelanggan dalam berbelanja.
Hadirnya teknologi payment gateway memiliki daya tarik tinggi terhadap konsumen toko online. Jaminan keamanan dan kemudahan transaksi membuat mereka lebih yakin dalam melakukan transaksi. Terlebih lagi apabila kamu memilih menggunakan payment gateway yang menyediakan aneka opsi pembayaran non tunai yang lengkap.
Poin tersebut akan menjadikan peran payment gateway yang dapat meningkatkan konsumen secara drastis dimana opsi metode pembayaran beragam dapat menjangkau pelanggan lebih luas.
Bagi pebisnis online dengan kemampuan teknis, dapat memanfaatkan website dan aplikasi sebagai media jualan. Di sini dapat diintegrasikan opsi metode pembayaran beragam dengan menggunakan Winpay payment gateway untuk kemudahan pelanggan dalam membayar sesuai alat pembayaran yang mereka sukai dan miliki.
Sedangkan bagi pelaku bisnis online yang tidak memiliki kemampuan teknis sekalipun dapat memanfaatkan media sosial atau channel lain dengan pilihan banyak metode pembayaran bagi pelanggan. Di sini kamu dapat menggunakan payment link atau link pembayaran yang ada di payment gateway.
Winpay adalah payment gateway yang menyediakan teknologi payment link yang dapat dimanfaatkan oleh UKM dan UMKM dalam menjual produk-produk lokal berkualitas menggunakan media sosial dan channel penjualan lain yang mudah. Sehingga dengan memanfaatkan payment link dapat menaikkan traffic transaksi penjualan karena dalam payment link Winpay menyediakan opsi banyak metode pembayaran.
Pengalaman belanja online pelanggan yang merasakan kemudahan dalam pembayaran akan membuat mereka akan terus melakukan pembelian atau transaksi di merchant UMKM kamu sehingga revenue menjadi meningkat dan produk lokal dikenal lebih luas lagi.
Mempertimbangkan pentingnya peranan payment gateway dalam kemajuan usaha yang dimiliki para pebisnis online membuat kamu wajib menentukan kriteria dalam memilih payment gateway yang sesuai. Seperti apa klasifikasi payment gateway terbaik yang dapat membantu bisnis berkembang secara signifikan?
- Payment gateway yang baik menyediakan opsi pembayaran non tunai yang lengkap baik secara online, cashless, dan offline.
- Payment gateway tersebut memiliki lisensi resmi dari Bank Indonesia agar keamanan dari sisi regulasi terjamin.
- Payment gateway tersebut didukung oleh sistem keamanan mutakhir untuk transaksi perbankan online dan e-wallet.
- Payment gateway menawarkan kemitraan dengan tarif terjangkau tanpa biaya tambahan, hemat biaya operasional, dan tentu saja pelayanan support maksimal.
Winpay sebagai gerbang pembayaran membantu pebisnis online dalam opsi metode pembayaran yang beragam dengan keamanan transaksi yang tinggi sehingga mempermudah pembayaran bagi pelanggan bisnis kamu. Hubungi Winpay sekarang untuk mendapatkan layanan payment gateway terbaik bagi bisnis online kamu.
Tentang Winpay Indonesia
Winpay adalah solusi pembayaran yang dapat diandalkan, aman, dan lengkap untuk bisnis online Anda. Lebih dari 25 pilihan metode pembayaran, akan membuat bisnis Anda menjadi lebih maju dan memudahkan pelanggan melakukan pembayaran.
Layanan Winpay Payment Gateway, dapat menerima pembayaran menggunakan:
- Virtual account 11 bank siap melengkapi pembayaran Anda.
- E-wallet dan QRIS, menerima pembayaran melalui QRIS menggunakan e-money dan e-wallet, seperti: Gopay, DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, dan jaringan bank.
- Jaringan kartu kredit dan kartu debit Visa dan MasterCard.
- Gerai minimarket modern melalui jaringan Indomaret, Alfamart Group, dan Fastpay
- Winpay mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Layanan Payment Gateway No. 23/560/DKSP/Srt/B sebagai PSJP Kategori 1, dengan ijin Penerbit Uang Elektronik, Penyelenggara Payment Gateway, Penyelenggara Transfer Dana untuk PT Bimasakti Multi Sinergi.
https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono |
https://iamteguh.medium.com
- Tips Digitalisasi UMKM di Indonesia - December 2, 2024
- Keuntungan Link Pembayaran untuk Bisnis - May 30, 2024
- Manfaat QRIS untuk UMKM sebagai Alat Pembayaran - May 22, 2024